ADVERTISEMENT

Jawaban Vidi Aldiano Soal Pilih Punya Rumah atau Nikah Dulu

Vandy Yansa - detikFinance
Senin, 18 Jul 2022 05:46 WIB
Jakarta -

Penyanyi kondang Vidi Aldiano mengungkapkan pilihannya antara memiliki rumah sebelum menikah atau menikah dahulu sebelum memiliki rumah. Baginya, ini adalah pertanyaan yang cukup serius untuk dipikirkan sebelum dijawab.

"Kalau tanya gue pribadi, kalau gue menikah, gue pengen semuanya ready dulu. Jadi, gue bisa fokus waktu gue membangun rumah tangga bersama istri gue," ungkapnya seperti yang dikutip dalam d'Mentor Kamis, 14 Juli 2022 di detikcom.

Namun sebagian masyarakat belum tentu memiliki ide yang sama dengan Vidi. meningkatnya suku bunga ditambah lagi kondisi ekonomi akibat perang dan pandemi memberi pengaruh signifikan terhadap harga rumah. Sebagian milenial perlu menghitung ulang pendapatan serta pengeluaran sebelum memutuskan membeli rumah atau menikah.

Mike Rini Sutikno seorang financial planner menjelaskan, sebelum memutuskan mana yang didahulukan, ada mindset yang perlu diperkuat. Sehingga, saat salah satu pilihan sudah ditetapkan, komitmen untuk mengejar pilihan kedua tetap diutamakan.

"Dalam perencanaan keuangan itu, kalau kita mau sukses secara finansial, kita musti bisa menetapkan prioritas. Bukan sekedar uang, tapi mindset kita jadi yang ingin saya sampaikan adalah, untuk nanti implementasinya di lapangan itu bisa sesuaikan. Yang penting, kita pilih mana yang mau diprioritaskan dulu, sebab nanti akan mempengaruhi pengeluaran kita itu untuk apa." ungkap Mike.

Sementara itu, Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto menjelaskan bahwa pemerintah hadir untuk menyediakan kebutuhan rumah bagi masyarakat Indonesia khususnya yang tinggal di wilayah perkotaan. Iwan menyebutkan, ada banyak jenis rumah yang bisa dipilih oleh masyarakat seperti rumah tapak, apartemen, atau rumah susun.

Lebih lanjut, Iwan menjelaskan bahwa stok rumah masih banyak tersedia. Artinya, masyarakat tidak perlu khawatir tentang adanya backlog perumahan yang digadang-gadang terjadi dalam beberapa waktu ke depan.

"Ini ada skema beli ada skema sewa. kalau bicara kondisi sekarang, suplai rumah baru saat ini banyak tersedia. Lalu dari pemerintah , pengembang dan sebagainya kini sedang mengembangkan skema-skema alternatif yang lebih captive untuk generasi milenial," kata Iwan.

Saksikan juga video lengkap d'Mentor: Beli Rumah Atau Nikah Dulu?

[Gambas:Video 20detik]



(vys/fua)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT