ADVERTISEMENT

Luhut dan Bahlil Bagi Tugas Kejar Investasi Tesla dan Foxconn

Ilyas Fadilah - detikFinance
Rabu, 20 Jul 2022 14:44 WIB
Kepala BKPM Bahlil Lahadalia
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia/Foto: Mohammad Wildan/20detik
Jakarta -

Indonesia bakal kedatangan dua investor besar di industri mobil listrik, yaitu Tesla dan Foxconn. Keduanya akan menyusul LG yang lebih dulu Investasi di Indonesia sebesar Rp 142 triliun.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bertemu bos Tesla Elon Musk di Texas, Amerika Serikat (AS) pada April lalu. Sementara Chairman Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) Young Liu bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor, pada Juni.

Terkait rencana investasi keduanya, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyatakan akan berbagi tugas dengan Luhut.

"Menyangkut Elon Musk, Tesla, kami udah bagi tugas. Untuk Tesla Pak Menko Luhut yang akan melakukan komunikasi intens terus menerus," ujar Bahlil di Kementerian Investasi/BKPM, Jakarta Selatan, Rabu (20/7/2022).

Sementara itu, Bahlil menyebut dirinya ditugaskan untuk berkomunikasi dengan Foxconn. Hal tersebut merupakan pembagian tugas dari tim ekonomi pemerintah untuk proses investasi yang efektif.

Bahlil menjelaskan, dirinya kurang memiliki relasi bagus dengan Amerika Serikat (AS). Oleh karena itu, investasi Tesla akan ditangani oleh Luhut.

"Jadi kalau untuk Elon Musk silakan ke Pak Menko, daripada saya menjawab tidak sesuai harapan," katanya menambahkan.

Menurut Bahlil, dengan komunikasi intens yang telah dilakukan Kemenkomarves, dirinya melihat ada tanda positif dari realisasi investasi Tesla di Indonesia. "Tapi saya punya keyakinan insyaallah ada tanda-tanda kebaikan," pungkasnya.

Lihat juga video 'Elon Musk Tertarik Berinvestasi di RI Usai Bertemu Luhut':

[Gambas:Video 20detik]



(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT