ADVERTISEMENT

Kasihan, Ibu Ini Sampai Nyebrang Negara buat Cari Susu Anaknya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 21 Jul 2022 10:20 WIB
Susu Formula
Ilustrasi Susu Formula. Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Langkanya susu formula memberikan dampak yang besar untuk kelompok tertentu di Amerika Serikat (AS). Bahkan, mereka mesti menempuh jarak yang jauh hingga mencari ke negara tetangga untuk memenuhi kebutuhan anaknya.

Hal itu seperti yang dialami Maria yang memiliki anak perempuan 8 tahun, seorang putra berusia 3 tahun dan anak laki-laki 1 tahun. Ia berasal dari Guanajuato di Meksiko tengah. Maria telah menjadi buruh tani di AS sejak 2017.

Maria tengah berjuang untuk memberi makan putranya. Ia membutuhkan susu formula khusus bebas laktosa yang mencegah mereka mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dari susu sapi.

"Keduanya sering muntah karena masalah ini," kata Maria.

Keluarga itu tinggal di Salton Sea Beach di Southeast California yang merupakan daerah panas dan kering.

Lebih lanjut, Maria telah menjelajahi rak-rak toko lokal untuk mencari susu formula. Tapi, hal itu menjadi sia-sia karena harganya mahal akhir-akhir ini.

Jika suaminya yang juga buruh tani tidak dapat mengantarkannya ke toko terdekat yang ditempuh 45 menit, ia membayar seseorang US$ 20-US$ 25 untuk mengantarkannya. Perjalanan pergi pulang memakan waktu 2 jam, dan dia membawa anaknya karena tidak mampu membayar pengasuh anak.

Saat ini, Maria sedang istirahat dari pekerjaannya karena merawat anak bungsunya. Namun, ia khawatir jika harus kembali bekerja. Ia khawatir bolos kerja untuk mencari susu karena tidak mampu kehilangan gaji.

Dengan kondisi toko yang kehabisan stok berminggu-minggu, kadang ia mengambil solusi yang berisiko. Maria meminta saudara laki-lakinya untuk menyebrangi perbatasan untuk mencari susu formula di Mexicali, sebuah kota di Meksiko, sekitar 90 menit dari tempat tinggalnya.

"Harganya US$13 sekaleng di sana, dan $18 sekaleng di sini," katanya.

"Dia tidak sering melakukan ini tetapi (kami melakukannya) ketika saya benar-benar membutuhkannya," tambahnya.



Simak Video "Susu Formula Bayi di AS Langka Akibat Kontaminasi Salmonella"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT