ADVERTISEMENT

Pengelolaan Bandara Halim Diserahkan ke Anak Usaha Lion, AP II Buka Suara

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 21 Jul 2022 22:42 WIB
Bandara Halim Perdanakusuma/Ilyas Fadhillah
Foto: Ilyas Fadilah/detikcom
Jakarta -

Pengelolaan Bandara Halim Perdanakusuma dialihkan dari PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II ke PT Angkasa Transportindo Selaras (PT ATS), anak usaha Lion Air Group. AP II pun sudah menyatakan sepakat melakukan serah terima pengelolaan lahan 21 hektare di Bandara Halim Perdanakusuma.

Pengalihan tersebut berdasarkan Putusan Peninjauan Kembali (PK) Mahkamah Agung Nomor 57/PK/Pdt/2015.

"AP II patuh pada satu putusan Mahkamah Agung yakni melakukan pengalihan penguasaan dan pengelolaan lahan seluas 21 hektare di Bandara Halim Perdanakusuma yang merupakan Barang Milik Negara (BMN) kepada TNI AU," ujar VP of Corporate Communication AP II Akbar Putra Mardhika dalam keterangannya, Kamis (21/7/2022).

AP II saat ini tengah berkoordinasi intensif dengan para pihak terkait dengan pengelolaan Bandara Halim Perdanakusuma ke depannya. Koordinasi dilakukan untuk memastikan pengelolaan bandara selalu memenuhi setiap regulasi termasuk hal administratif.

Meski begitu, Akbar menegaskan AP II saat ini masih memiliki dan menjadi pemegang izin Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) untuk pengelolaan Bandara Halim Perdanakusuma.

"AP II melakukan pengalihan BMN tersebut, sementara di saat bersamaan AP II selaku pemegang BUBU juga tengah membahas mengenai kerja sama pengelolaan termasuk aspek operasional dan komersial di Bandara Halim Perdanakusuma ke depannya. AP II juga berkomitmen untuk selalu mendukung Lanud Halim Perdanakusuma," jelas Akbar.

Penjelasan dari TNI Angkatan Udara (TNI AU) di halaman berikutnya. Langsung klik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT