ADVERTISEMENT

Daftar Negara dengan Biaya Kepemilikan Mobil Paling Murah!

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 25 Jul 2022 19:30 WIB
Penjualan mobil bekas turut terdampak pandemi COVID-19. Namun, kini penjualan mobil bekas itu kembali bergeliat di kala Jakarta menerapkan PSBB transisi.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Kebanyakan dari kita, memiliki mobil bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Sebab untuk memiliki sebuah mobil kita tidak hanya berbicara tentang harga beli mobil tersebut, namun juga biaya lain yang mengikutinya.

Sebut saja biaya asuransi, biaya bahan bakar, dan biaya perbaikan/service. Semuanya biaya ini penting untuk diperhitungkan agar kendaraan yang dimiliki dapat beroperasi dengan baik.

Melansir dari dari situs ScrapCarComparasion, terdapat sejumlah negara yang memiliki biaya kepemilikan mobil paling murah di dunia.

Guna mengetahui di mana negara termurah untuk memiliki mobil, perhitungan dilakukan berdasarkan kalkulasi biaya rata-rata mobil (untuk model mobil yang sama) dan menambahkannya dengan rata-rata biaya lainnya seperti asuransi mobil, perbaikan, dan harga bahan bakar.

Kemudian biaya ini akan dibandingkan dengan besaran pendapatan tahunan rata-rata di setiap negara, untuk memberikan ukuran keterjangkauan yang adil. Lantas negara mana saja yang memiliki biaya paling murah untuk memiliki mobil?

Berikut daftar negara dengan biaya paling murah untuk memiliki mobil berdasarkan persentase pendapatan:

1. Australia 49,48%
2. Amerika Serikat 54,87%
3. Denmark 60,34%
4. Kanada 64,40%
5. Swedia 75,84%
6. Jerman 78,44%
7. Belanda 84,65%
8. Prancis 87,00%
9. Inggris Raya 89,36%
10. Finlandia 91,58%

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT