ADVERTISEMENT

Tiket Pesawat Mahal? Pergi ke Mana-mana Naik Kapal Laut Aja

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 26 Jul 2022 21:30 WIB
Kapal Pelni ditugaskan oleh Kementerian Perhubungan menjadi armada tambahan yang melayani angkutan penyeberangan di periode arus balik dari Pelabuhan Panjang menuju Pelabuhan Merak, Banten.
Tiket Pesawat Mahal? Pergi ke Mana-mana Naik Kapal Laut Aja/Foto: dok. Pelni
Jakarta -

Harga tiket pesawat makin mahal. Kenaikan harga avtur hingga berbagai biaya komponen penerbangan lainnya membuat meroketnya tiket pesawat tak terhindarkan.

Menurut pengamat transportasi Djoko Setijowarno sudah saatnya masyarakat melirik moda transportasi alternatif untuk perjalanan jauh. Moda angkutan laut seperti kapal dan penyeberangan laut bisa menjadi pilihan untuk masyarakat bepergian.

"Kapal laut milik Pelni misalnya, yang mendapatkan PSO oleh pemerintah dan dapat memuat banyak penumpang, tarifnya pun masih bisa dijangkau oleh masyarakat," kata Djoko dalam keterangannya, Selasa (26/7/2022).

Alternatif memilih kapal laut menjadi transportasi untuk bepergian lintas daerah di Indonesia menjadi semakin memungkinkan. Menurutnya, selain bisa bepergian dengan harga transportasi yang lebih terjangkau, masyarakat juga dapat menikmati alam laut dengan pelayanan di atas kapal yang saat ini semakin mumpuni.

"Moda angkutan laut mesti mengambil kesempatan ini sebagai cara untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas di kapal. Pasca pandemi banyak sekali orang yang butuh liburan untuk melepas penat. Tinggal bagaimana caranya pelayanan di kapal laut ditingkatkan supaya masyarakat betah dan ingin berlama-lama berlayar," jelas Djoko.

Vice President Usaha Penumpang Non Komersil PT Pelni, Presda Simangasing mengatakan sebagai operator kapal milik negara pihaknya terus melakukan pembenahan demi memberikan kemudahan bagi masyarakat. Salah satunya adalah kemudahan pemesanan tiket secara online.

"Pembelian tiket sekarang sudah bisa melalui aplikasi di ponsel pintar. Lebih mudahnya lagi, masyarakat juga dapat datang ke minimarket terdekat atau agen perjalanan resmi yang bekerjasama dengan PT Pelni untuk membeli tiket kapal PT Pelni," jelas Presda.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT