ADVERTISEMENT

Hyundai Nyatakan Minat Investasi di IKN dan Ekspansi Proyek Mobil Listrik

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Kamis, 28 Jul 2022 16:35 WIB
Jokowi Saat Bertemu Chairman Hyundai
Foto: Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev
Jakarta -

Hyundai Motor Group akan melakukan ekspansi mobil listrik serta penelitian dan pengembangannya di Indonesia. Tidak hanya itu, perusahaan raksasa otomotif asal Korea Selatan ini juga tertarik untuk investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal ini dibahas dalam pertemuan antara Presiden RI Joko Widodo dan Executive Chairman Hyundai Motor Group, Chung Eui-sun, di Lotte Hotel, Seoul, pada Kamis (28/07/2022).

"Bapak Presiden juga menerima khusus dari Hyundai, Chairman dari Hyundai, kebetulan tadi menyampaikan bahwa mereka akan melakukan ekspansi untuk mobil listrik dan RND-nya di Indonesia, ini masih dalam perencanaan," ujar Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dalam keterangan resmi Sekretariat Presiden, Kamis (28/07/2022).

Tidak hanya perihal mobil listrik, Bahlil mengatakan Hyundai juga tertarik untuk turut mengambil bagian dalam investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"(Hyundai) juga akan ikut mengambil bagian dalam investasi di IKN, ini sesuatu hal yang positif," katanya.

Perlu diketahui, sebelumnya Kementerian Investasi/BKPM juga telah melakukan penandatanganan MoU dengan POSCO yang menurut Bahlil juga berminat untuk berinvestasi di IKN, selain Hyundai dan LG. Dengan demikian, sudah ada tiga perusahaan yang menyatakan minat untuk masuk ke IKN.

"Jadi enggak benar itu kalau ada persepsi yang orang selalu meragukan apakah ada investasi untuk masuk ke IKN," ungkapnya.

Sebagai tambahan informasi, dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Korea Gandi Sulistiyanto.



Simak Video "Veloz-Xpander Sudah Elektrik, Kok Stargazer Masih Rem Tangan Manual?"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT