ADVERTISEMENT

Bisnis Order Makanan Melejit di Vietnam, GoTo Diramal Bisa Cepat Cuan

Dana Aditiasari - detikFinance
Jumat, 29 Jul 2022 12:00 WIB
Ilustrasi GoFood
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Prospek bisnis PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) makin menggeliat. Selain karena ditopang oleh bisnis di dalam negeri, kinerja induk Gojek dan Tokopedia itu juga turut ditopang bisnis di luar negeri.

Salah satunya seperti terlihat pada pertumbuhan penjualan mitra GoFood di Vietnam. Tercatat, pertumbuhan bisnis mitra GoFood di negara tersebut pada semester pertama 2022 tumbuh hampir 3 kali bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Pertumbuhan ini tak lepas dari penambahan jumlah pengguna yang cukup pesat. Betul saja, penikmat kuliner yang menggunakan GoFood di Vietnam tumbuh 66% sepanjang semester I-2022 yang disumbang dengan kenaikan jumlah pengguna baru yang tumbu 35%. Paling banyak di Hanoi dan Ho Ci Min.

"Lonjakan pengguna baru tersebut mengindikasikan bahwa GoFood kian pupolar di kota besar Vietnam," terang Head of Merchants Gojek Vietnam Dung Le dalam keterangan resminya, Kamis (28/7/2022).

Tidak hanya itu, Dung Le mengatakan, rata-rata nilai transaksi GoFood bertumbuh 23% sepanjang paruh pertama tahun ini, dibandingkan tahun lalu.

Sememtara itu, Gojek mencatatkan penambahan jumlah merchant GoFood di Vietnam sebanyak 83% pada semester I-2022. Pertumbuhan merchants baru pada Juni 2022 saja mencapai 21%, dibandingkan bulan sebelumnya.

"Pertumbuhan pesat penjualan merchants GoFood menunjukkan ekonomi Vietnam sudah pulih, khususnya kota besar seperti Hanoi dan Ho Chi Minh. Kini, banyak masyarkaat memanfaatkan pemesanan secara online untuk kebutuhan sehari-hari. GoFood menjadi perusahaan yang paling diuntungkan atas perubahan tersebut," kata dia.

Berkat catatan itu, GoTo diramal bisa lebih cepat mencetak laba.

Bagaimana risetnya? Buka halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT