ADVERTISEMENT

TKI di Taiwan Terancam Gagal Cairkan Lotre Rp 1 M Gegara Pindah Kerja

Ilyas Fadilah - detikFinance
Sabtu, 30 Jul 2022 21:00 WIB
Excited man under a shower of money with bills floating in the air - economy concepts
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockPhoto
Jakarta -

Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Taiwan terancam gagal mengklaim hadiah lotre 2 juta dolar Taiwan atau US$ 66.800. Jika dirupiahkan, total hadiah tersebut mencapai Rp 1 miliar (kurs Rp 15.000).

Mengutip Taiwannews.com, Sabtu (30/7/2022), gagalnya TKI mendapatkan hadiah tersebut karena yang bersangkutan belum menerima Alien Resident Certificate (ARC) baru lantaran berganti pekerjaan.

Kementerian Keuangan Taiwan mengumumkan pemenang hadiah khusus sebesar10 juta dolar Taiwan untuk lotre tanda terima Taiwan edisi Mei-Juni atau lotre faktur seragam adalah dengan nomor 046438476. Sementara pemenang lotre 2 juta dolar Taiwan adalah dengan nomor undian 54769852

Di hari yang sama, Kementerian Keuangan menyebut baru ada satu hadiah yang sudah diklaim. Sementara pemenang lainnya belum mengklaim hadiah tersebut, yaitu pemenang lotre dengan hadiah 2 juta dolar Taiwan.

Kemenkeu Taiwan bahkan mengatakan bahwa salah satu pemenangnya kemungkinan warga negara asing (WNA). Perwakilan Indonesia buka suara kepada CNA, menjelaskan jika pemenang lotre tersebut adalah TKI asal Indonesia.

Namun karena TKI tersebut telah mengubah status pekerjaannya dari pengasuh menjadi buruh pabrik sejak Mei, maka dokumen ARC sedang dalam pengurusan. Tetapi perwakilan Indonesia tersebut optimis jika hadiah Rp 1 miliar tetap bisa diklaim sebelum batas waktu pengambilan habis.

Sebagai informasi, ARC menjadi salah satu persyaratan untuk menerima hadiah lotre. TKI pemenang lotre tersebut punya waktu hingga 5 September untuk menunjukkan kwitansi dan kartu identitas.

Selain itu, sampai 22 Juli 2022 ada beberapa pemenang hadiah khusus periode Maret-April yang belum mengklaim lotre mereka.

Simak juga Video: DPR Minta Ada Satgas Imbas 18 TKI Tewas di Tahanan Imigrasi Malaysia

[Gambas:Video 20detik]



(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT