ADVERTISEMENT

Kirim Surat ke Luar Negeri Ditempel Fotokopi KTP, Harusnya Gimana?

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Rabu, 03 Agu 2022 18:00 WIB
ilustrasi surat
Kirim Surat ke Luar Negeri Ditempel Fotokopi KTP, Harusnya Gimana?/Foto: thinkstock
Jakarta -

Belum lama ini viral di Twitter petugas Pos Indonesia yang menempelkan fotokopi KTP pengirim di bagian depan surat yang akan dikirimkan ke luar negeri. Kejadian ini pun telah dikonfirmasi pihak Pos Indonesia sebagai kesalahan persepsi dari sang petugas.

Di sisi lain, dalam unggahannya itu, sang pengirim surat juga turut menyoroti prosedur baru dalam mengirimkan surat ke luar negeri lewat jasa perusahaan milik negara itu, di antaranya pengisian Customs Declaration dan penyerahan fotokopi KTP.

Bagaimana cara kirim surat ke luar negeri melalui PT Pos Indonesia?

Sebetulnya, aturan pengisian Customs Declarations System (CDS) bagi pengiriman paket ke luar negeri telah diberlakukan per 1 Januari 2022 lalu oleh PT Pos Indonesia (Persero). Aturan ini sesuai dengan Peraturan Konvensi Universal Postal Union (UPU) Pasal 08-002, 17-107 dan 17-216.

Berdasarkan peraturan tersebut, pertukaran data/electronic advance data (EAD) bersifat wajib bagi semua kiriman pos internasional berisikan barang.

Corporate Secretary PT Pos Indonesia (Persero) Tata Sugiarta menjelaskan, penyelenggara Pos di seluruh dunia yang menjadi anggota UPU wajib melakukan pertukaran data. Ia menyebut, ada empat data yang harus dilengkapi pengirim.

"Pertama, keterangan isi kiriman. Kedua, nilai value kiriman (dilengkapi commercial invoice/ kwitansi pembelian barang apabila berupa barang)," ujar Tata dalam keterangannya kepada detikcom, Rabu (3/8/2022).

Lebih lanjut, Tata menyebut, yang ketiga ialah data penerima (termasuk Nama, alamat lengkap, kode pos tujuan wilayah/ area, No HP, alamat email).

Dan yang terakhir ialah data pengirim (termasuk Nama, alamat lengkap, Nomor Identitas(KTP,SIM) /passport, No HP, alamat email). Semua data tersebut ialah yang diperlukan dalam atau Customs Declaration yang dapat diakses di https://booking.posindonesia.co.id/.

Setelah melakukan pengisian secara online, kini kita dapat mencetak atau membawa unduhan data tersebut ke loket Pos Indonesia terdekat, disertakan bersama dengan barang yang akan dikirimkan.

Tarif pengiriman surat ke luar negeri berlanjut ke halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT