ADVERTISEMENT

China 'Hajar' Balik Taiwan Setelah Terima Lawatan Pelosi

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 04 Agu 2022 06:30 WIB
Pelosi Tiba di Taipei, Cina Siaga di Selat Taiwan dan Panggil Dubes AS
Foto: DW (News)
Jakarta -

China memberikan serangan dalam bentuk sanksi kepada Taiwan. Keputusan itu diambil setelah Taiwan menerima kunjungan dari Ketua DPR AS Nancy.

Akibat kunjungan itu China melakukan protes keras dengan menghentikan pengiriman pasir dan buah sampai produk perikanan untuk Taiwan.

Dikutip dari Reuters disebutkan sebelum Pelosi berkunjung ke Taiwan, China telah menghentikan 35 izin impor dari 35 eksportir biskuit dan kue kering di Taiwan sejak Senin lalu.

Pada Januari-Juni 2022 nilai impor dari Taiwan ke China tercatat US$ 122,5 miliar atau naik 7,3% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Kementerian perdagangan China juga menyebutkan pengiriman pasir ke Taiwan dihentikan mulai Rabu. Pada 2007 China juga pernah menghentikan ekspor pasir ke Taiwan karena masalah lingkungan. Larangan ini berlangsung selama satu tahun.

Selain itu China juga menutup pintu masuk impor buah jeruk, mackerel dari Taiwan pada Rabu. Penghentian ini dilakukan karena produk disebut mengandung residu pestisida yang tinggi.

Pada Januari-Juni barang impor pertanian di China berasal dari China mencapai US$ 59 juta. Awal tahun ini China menangguhkan impor ikan kerapu dari Taiwan karena terdapat kandungan bahan kimia terlarang. Tahun lalu China juga menghentikan impor nanas dan apel.

Tak cuma aktivitas ekspor dan impor, China juga akan menempuh langkah pendisiplinan kepada dua yayasan Taiwan yang disebut agresif dan pro kemerdekaan.


Saksikan juga d'Mentor On Location: Melirik Peluang Bisnis Arang

[Gambas:Video 20detik]



(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT