Content Creator Merapat! Ada Metaverse 'Kafe' di Blok M, Ada Pameran Karya Nih

ADVERTISEMENT

Content Creator Merapat! Ada Metaverse 'Kafe' di Blok M, Ada Pameran Karya Nih

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Jumat, 05 Agu 2022 13:17 WIB
Metaverse Buka ‘Kafe di RI, Pamerkan Karya Anak Bangsa
Content Creator Merapat! Ada Metaverse 'Kafe' di Blok M, Ada Pameran Karya Nih/Foto: Shafira Cendra Arini/detikcom
Jakarta -

Metaverse membuka 'kafe' yang mengusung konsep kreatif dengan menghadirkan hasil karya para creator Indonesia dalam bentuk Augmented Reality (AR). Bekerja sama dengan Titik Temu Coffee Shop di kawasan M Bloc space,#Menujumetaverse Cafe menghadirkan 10 instalasi seni dan 20 permainan efek AR.

Efek AR tersebut merupakan hasil karya dari para creator dalam program Metavolution with Spark AR. 'Cafe' tersebut akan berlangsung pada 5-7 Agustus 2022.

Metavolution adalah program kolaborasi Metaverse bersama Hacktiv8 dalam bentuk kompetisi dan pelatihan bagi para kreator SparkAR di Indonesia yang telah dimulai pada Juli. Sekitar 500 orang mendaftarkan diri pada program ini dan hanya 50 di antaranya yang melanjutkan ke tahap bootcamp selama satu bulan.

"Lebih dari 500 pelamar mengirimkan karya mereka di bidang AR effects. Kami memilih 50 karya terbaik untuk menjadi bagian dari program yang secara spesifik dibangun agar mereka dapat membantu karier mereka sebagai kreator profesional yang akhirnya berdampak bagi pertumbuhan ekonomi mereka," ujar Presiden Hacktiv8, Juventia Vicky Riana dalam sambutannya pada Jumat (05/08/2022).

Sementara itu, Country Director untuk Meta di Indonesia, Pieter Lydian mengatakan hal ini sejalan dengan posisi para creator yang memegang peran dalam pembangunan metaverse itu sendiri.

"Para creator ini yang justru akan membangun dunia meta. Kita bangun metan ini bareng-bareng. Melalui #Menujumetaverse Cafe, kami membawa kreator konten, komunitas, dan kreator Spark AR muda untuk berbagi pengalaman imersif dengan memberikan sentuhan metaverse melalui permainan efek AR," ujar Pieter.

Metaverse Buka 'Kafe' di RI, Pamerkan Karya Anak BangsaMetaverse Buka 'Kafe' di RI, Pamerkan Karya Anak Bangsa Foto: Shafira Cendra Arini/detikcom

Lebih lanjut Pieter mengatakan, program tersebut juga merupakan salah satu langkah dalam mempersiapkan Metaverse dengan membuat para creator siap melalui pelatihan yang ada. Pun demi membantu menaikkan pendapatan ekonominya.

"Harapannya ini dapat menjadi channel mereka, di mana orang bisa lihat hasil karya mereka, semua orang bisa menghubungi mereka, serta pakai jasa mereka," ujar Pieter.

Secara ekonomi, Pieter menjelaskan, di 2031 dampak ekonomi Metaverse terhadap dunia adalah US$ 3 triliun, US$ 1 triliun di antaranya di Asia pasifik. Bahkan, Asia Pasifik termasuk lima negara dengan jumlah Spark Creator terbesar, termasuk Indonesia. Dengan demikian potensi yang dimiliki Metaverse secara ekonomi sangat besar.

"Semalam kita me-launching NFT (Indonesia) dalam Instagram. Nah dari situ itu kita bisa lihat dari NFT sudah punya nilai ekonomi," tambahnya.

Dengan menampilkan NFT mereka di Instagram, Pieter juga berharap akan mendukung creator dan kolektor dalam mengembangkan perekonomiannya.

Sebagai tambahan informasi, Metaverse adalah kombinasi dari beberapa elemen teknologi, termasuk virtual reality, augmented reality (AR), dan video. Kombinasi tiga teknologi tersebut memungkinkan penggunanya berada di dalam dunia digital bernama metaverse. Metaverse bisa berupa konser, konferensi hingga perjalanan virtual keliling dunia.

Sebanyak 10 instalasi dalam acara tersebut berisi kisah dari para content creator tanah air. Kisah tersebut terdiri atas kisah milik Magdalena Fridawati (food creator), Clarissa Putri (beauty creator), Anastasia Siantar (fashion creator), Indra Jegel (comedy creator), dan Luthfi Halimawan (gaming creator). Juga hadir PSSI yang mewakili olahraga, The Voice dari musik, dan juga komunitas Peri Kertas serta Sudah Dong yang mewakili gerakan sosial anti-bullying di Instagram. Kisah-kisah ini lah yang ditransformasikan dalam bentuk efek AR oleh para creator Metavolution.

(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT