ADVERTISEMENT

Tips Jago Atur Duit buat Kamu yang Lagi Kuliah di Luar Negeri

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 05 Agu 2022 16:45 WIB
Women hands holding saving account passbook. financial report passbook saving money finance and business rich concept. financial problems, unemployment due to pandemic covid-19.
Foto: Getty Images/iStockphoto/Nirunya Juntoomma
Jakarta -

Jika saat ini detikers sedang atau akan melanjutkan studi di luar negeri, tentunya banyak sekali tantangan dan rintangan yang akan detikers hadapi, dari mulai perbedaan kultur dan budaya
yang sangat kontras hingga perasaan rindu negara asal yang kerap datang menghantui saat tinggal di luar negeri.

Meskipun begitu, kesempatan untuk bisa kuliah di luar negeri tersebut tidak boleh detikers sia-siakan karena hal tersebut merupakan sebuah privilege yang mungkin saja tidak semua orang bisa mendapatkannya.

Maka dari itu, untuk memastikan agar detikers tetap bisa survive dan sukses saat kuliah di luar negeri, ada baiknya detikers simak beberapa tips berikut ini.

4 Tips Agar Bisa Survive dan Sukses Saat Kuliah Di Luar Negeri

1. Disiplin dan Tetap Fokus

Meskipun pengalaman tinggal di luar negeri untuk waktu yang lama merupakan pengalaman yang cukup menyenangkan karena detikers dapat bertemu dengan berbagai macam orang dan kultur yang tidak pernah detikers jumpai di negara asal, detikers jangan sampai terlena dan hilang fokus.

Tetap ingat bahwasanya tujuan utama detikers pergi menetap di negara tersebut adalah untuk belajar menuntut ilmu dan menyelesaikan studi detikers. detikers harus tetap disiplin dalam
menyelesaikan pelajaran-pelajaran di perkuliahan detikers dan belajar dengan sungguh-sungguh.

Menikmati waktu detikers pada saat sedang di luar negeri memang merupakan hal yang menyenangkan, akan tetapi jangan sampai melupakan tujuan awal detikers datang ke negara tersebut

2. Latih Kemandirian

Mungkin banyak dari detikers yang tidak mempunyai keluarga atau kerabat dekat di negara tempat detikers menetap untuk berkuliah, maka dari itu detikers perlu memupuk kemandirian detikers karena dengan begitu detikers bisa lebih bertanggung jawab terhadap diri detikers saat sedang berada di negara orang.

Kemandirian tersebut juga akan bisa berdampak positif bagi
kepribadian detikers secara umum, hal ini pun akan bisa detikers bawa ketika pulang ke negara asal dan mulai terjun ke dunia kerja.

3. Jaga Komunikasi Dengan Keluarga dan Kerabat di Negara Asal

Meskipun detikers sedang berada di luar negeri yang jaraknya sangat jauh dari negara asal, detikers jangan sampai membiarkan komunikasi dengan keluarga dan kerabat di negara asal
menjadi terbengkalai, sekedar bertukar kabar melalui email, atau video call pun sangat ampuh untuk dapat mengobati kerinduan akan kampung halaman.

Disamping itu, komunikasi yang baik juga bisa menghilangkan rasa khawatir yang dirasakan oleh orang-orang terdekat detikers di negara asal.

4. Kelola Keuangan Dengan Baik

Tidak bisa dipungkiri, biaya hidup saat tinggal di luar negeri terutama di negara - negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang atau Perancis terbilang sangat tinggi jika dibandingkan dengan Indonesia, maka dari itu detikers harus pintar-pintar mengelola keuangan detikers sebaik mungkin.

Sah-sah saja mengeluarkan uang untuk sekedar rekreasi maupun refreshing saat sedang berada di luar negeri, akan tetapi jangan sampai malah uang detikers habis karena hal tersebut. Catat pengeluaran bulanan detikers dan buat perencanaan keuangan secara detail agar terhindar dari pemborosan.

Akan tetapi, jika sewaktu-waktu detikers membutuhkan layanan kirim uang ke luar negeri dari indonesia karena detikers kehabisan uang atau keperluan yang bersifat darurat seperti biaya pengobatan
karena jatuh sakit, detikers tidak perlu khawatir karena detikers, keluarga serta kerabat detikers dirumah bisa dengan mudah mengirimkan uang melalui Topremit.

Topremit merupakan layanan pengiriman uang ke luar negeri secara murah dan cepat.

Disamping itu, Topremit mendukung pengiriman uang ke lebih dari 60 negara dengan biaya yang sangat terjangkau dengan sistem biaya transfer flat mulai dari Rp 45.000 tergantung
negara yang dituju.

Ditambah dengan kurs yang rendah dan transparan, proses pengiriman uang ke luar negeri dengan Topremit pun amatlah cepat dan singkat, hanya dalam waktu mulai dari 5 menit, uang yang dikirim sudah bisa sampai di rekening tujuan di luar negeri.

detikers tinggal akses website Topremit atau unduh aplikasi nya di perangkat smartphone detikers dan tinggal ikuti instruksi yang diberikan.

detikers cukup registrasi akun topremit detikers, selanjutnya pilih negara tujuan dan nominal uang yang ingin dikirim serta isi detail pihak penerima uang yang dikirimkan, lalu selesaikan
transaksi detikers dengan membayar lewat M-Banking bank manapun maka uang sudah bisa sampai ke rekening tujuan dengan cepat dalam waktu mulai dari 5 menit.

Jadi sekarang detikers tidak perlu lagi merasa takut atau khawatir ketika kehabisan uang saat sedang di luar negeri, karena detikers bisa andalkan Topremit sebagai platform pengiriman uang ke luar negeri detikers secara cepat dan murah.

Topremit juga sudah mengantongi izin dari Bank Indonesia dengan nomor lisensi 11/11/MDN/1 sehingga detikers tidak perlu khawatir terhadap keamanan pengiriman uang ke luar negeri melalui Topremit.

(hal/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT