ADVERTISEMENT

Luhut Sebut Rusia dan AS Kagum Pertumbuhan Ekonomi RI

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 05 Agu 2022 20:00 WIB
Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan
Foto: Wisma Putra
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan saat melakukan kunjungan kerja ke Rusia dan Amerika Serikat (AS), kedua negara itu menyatakan kekagumannya dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Kemarin saya di Rusia jelaskan kepada Wakil Perdana Menteri Manturov, mereka sangat kagum dengan angka-angka ini," ungkap dalam acara Silaturahmi Nasional PPAD seperti ditayangkan di akun YouTube PPAD TNI, Jumat (5/8/2022).

Angka-angka yang dimaksud yakni pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kuartal ini 5,44%. Hal itu didorong dengan berbagai macam peningkatan dan terkendalinya COVID-19.

"Kinerja ekonomi relatif lebih baik dari semua negara di dunia, disebutkan kita kuartal ini tumbuh 5,44% lebih tinggi dari sebelumnya 5,2% atau 5,3%," jelasnya.

Kemudian, kasus COVID-19 juga diklaim terkendali, mulai dari jumlah angka kasus, bed occupancy rate (BOR) di RS rujukan hingga jumlah orang meninggal karena COVID-19 terkendali.

"Angka-angka ini sangat baik tidak perlu dikhawatirkan tetapi kita harus tetap hati-hati melihat ini," jelasnya.

Luhut juga bilang saat kunjungan kerja ke Amerika Serikat, negeri paman sam itu memuji kinerja pertumbuhan ekonomi RI. Data kinerja ekonomi Indonesia ditunjukkan kepada Menteri Keuangan AS, Janet Yellen.

"Saya ketika bertemu Menteri Keuangan AS, saya jelaskan angka-angka ini, mereka juga sangat mengagumi bagaimana stabilitas ekonomi kita," tutupnya.

(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT