ADVERTISEMENT

George Clooney Hingga Beckham Garap Bisnis Miras, Ada Apa Nih?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 08 Agu 2022 11:15 WIB
George Clooney
George Clooney/Foto: Istimewa
Jakarta -

Bisnis minuman beralkohol atau minuman keras saat ini disebut sangat menggiurkan. Kalangan selebriti juga menggeluti bisnis tersebut dan menggunakan nama mereka untuk mendongkrak nilai jual.

Dikutip dari CNBC, Senin (8/8/2022), George Clooney merupakan salah satu penjual miras dari kalangan artis. Dia disebut yang menciptakan cetak biru untuk menjual minuman beralkohol ini.

Namun pada 2017 Clooney menjual perusahaan tequila Casamigos kepada perusahaan minuman keras Diageo dengan harga hampir US$ 1 miliar. Hal itu membuat banyak pesohor lain yang ingin sukses berbisnis miras dan koktail premium, misalnya David Beckham, Ryan Reynolds, dan Dwayne. Tak cuma artis pria, ada juga Vera Wang sampai Kendal Jenner juga terjun ke dalam bisnis ini.

Pandemi COVID-19 memang mempercepat pertumbuhan bisnis miras. Pada tahun lalu minuman beralkohol premium tumbuh 43% didominasi oleh penjualan tequila dan wiski dari Amerika Serikat (AS) dengan rata-rata pertumbuhan dua kali lipat.

AS merupakan salah satu wilayah yang menjadi pasar anggur terbesar di dunia. Produk seperti prosecco dan sampanye terus berkembang dari waktu ke waktu.

Saat ini kelompok baby boomers adalah yang paling gemar minum anggur dibanding alkohol jenis lainnya. EVP Silicon Valley bank dan analis industri anggur, Rob McMillan mengungkapkan jika industri anggur di AS ini harus mempertimbangkan strategi pemasaran baru pasalnya kebiasaan konsumen terus berubah.

"Itu adalah ancaman utama. Anda tak bisa menggantikan kelompok orang yang menganggap anggur sebagai minuman istimewa. Hal ini karena ketika ingin minum minuman beralkohol ada banyak pilihan," jelas dia.

Dalam laporan State of the Wine Industry 2022 dari Silicon Valley Bank disebutkan jika industri ini gagal mengembangkan strategi pemasaran untuk membidik konsumen yang usianya lebih muda.

Merek anggur yang ditujukan untuk wanita dinilai bisa memenuhi keinginan para pembeli wanita. Apalagi dalam anggur itu ukuran, kadar alkohol yang lebih rendah, cara pembelian online, harga hingga dukungan kepada BIPOC dan LGBTQ+ ini menciptakan peluang baru untuk konsumen yang berasal dari generasi muda.

Kini banyak artis wanita yang mulai bekerja sama dengan penghasil anggur untuk memasarkan kepada konsumen sebut saja Elizabeth Banks, Mary J Blige, The Chicks, Cameron Diaz, Chrissie Metz, Vera Wang dan Reese Witherspoon.

Diaz dan Katherine Power merupakan salah satu pemilik merek anggur Avaline. Mereka mengemas produk mereka dengan kampanye kesehatan dan kebugaran. Produk anggur putih dan mawar organik ini dikemas dalam kaleng 250 ml dan tak perlu pembuka botol atau barang yang mudah pecah. Konsep anggur kalengan ini disebut mengikuti tren pasar yang sedang booming.

Lihat juga video 'Polisi Temukan 9 Jeriken Miras di TKP Ruko Babarsari':

[Gambas:Video 20detik]



(kil/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT