ADVERTISEMENT

Minyakita Bakal Disalurkan ke Indonesia Timur, Begini Kata Pedagang Pasar

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 08 Agu 2022 15:05 WIB
Mendag Zulkifli Hasan resmi meluncurkan minyak goreng curah dalam kemasan sederhana. Dalam kesempatan itu, Zulhas juga sempat melayani warga yang membeli migor curah.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Sudaryono memberikan tanggapan terkait langkah pemerintah dalam menghadirkan harga minyak goreng murah yakni Minyakita di Indonesia Timur.

Hal ini disampaikan Sudaryono menanggapi informasi Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang memastikan produksi Minyakita (minyak curah kemasan) yang telah siap digelontorkan ke wilayah Indonesia Timur.

"Tentu kami memberikan apresiasi atas kinerja ini. Karena memang warga di Indonesia Timur mengharapkan kehadiran pemerintah menyediakan minyak goreng murah," kata Sudaryono dalam keterangannya, Senin (8/8/2022).

Adapun jumlah perusahaan produsen termasuk pengemasan yang telah mendapatkan izin menggunakan merk Minyakita saat ini sebanyak 102 perusahaan. Dari jumlah ini, hanya 10 perusahaan yang telah siap berproduksi khususnya untuk menyuplai pasar Indonesia Timur.

Hanya saja, kata Sudaryono, pemerintah harus terus melakukan pengawasan ketat soal pendistribusian Minyakita. Hal itu perlu dilakukan untuk meminimalisir atau bahkan menghilangkan praktek curang terjadi.

"Tentunya dengan pengawasan yang ketat dari pemerintah dan Kemendag akan membuahkan hasil yang maksimal. Ujungnya kan masyarakat yang akan merasakan manfaatnya," kata Sudaryono.

Selain itu, Sudaryono meminta peran pedagang pasar dalam pendistribusian Minyakita di Indonesia Timur harus ditingkatkan. Dengan demikian, manfaat program minyak murah dari pemerintah akan dirasakan masyarakat di semua lapisan.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT