Erick Thohir Sidak ke Lokananta: Sayang Banget!

ADVERTISEMENT

Erick Thohir Sidak ke Lokananta: Sayang Banget!

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 08 Agu 2022 22:14 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir
Foto: Dok. Instagram @erickthohir
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir menyambangi studio rekaman musik pertama dan satu-satunya milik negara, Lokananta di Solo, Jawa Tengah. Momen ini dibagikan oleh Erick melalui Instagram resminya dengan sebuah video.

Dalam unggahan video itu, Erick terlihat melihat-lihat seisi ruangan Lokananta, mulai dari lemari kaset-kaset jadul hingga masuk ke ruangan rekaman musik pertama. Erick pun mendapatkan informasi bahwa ruang musik itu masih asli sejak 1956 dengan barang-barangnya yang belum berubah.

"Ini aslinya ini? Ini tahun 50 ya, alatnya masih sama?," kata Erick kepada petugas di Lokananta, dikutip dari Instagram @erickthohir, Senin (8/8/2022).

"1956, masih sama alatnya," balas petugas.

Saat berkeliling-keliling, Erick juga mengungkapkan rasa sedihnya ketika melihat bangunan Lokananta dan isinya tidak lagi terpakai. "1956 Lokananta ini merupakan studio rekaman pertama untuk piringan hitam di seluruh Indonesia," ucapnya.

"Sedih kalau melihat barang-barang bersejarah, sayang banget," lanjutnya.

Selesai berkeliling di Lokananta, Erick bertemu dengan dua pemuda yang juga tengah melihat-lihat kondisi Lokananta. Dalam sebuah percakapan, kedua anak muda itu menyampaikan agar Lokananta untuk diperbaiki.

"Enaknya diapain? Jangan dibongkar ya, dibagusin lagi? Alhamdulillah kita berdoa ya," balas Erick kepada kedua pemuda tersebut.

Erick juga mengatakan hal yang terlintas di kepalanya ketika mendaratkan kakinya di Lokananta. "Sangat disayangkan," tulis Erick.

Ia juga menjelaskan bahwa Lokananta merupakan aset BUMN bersejarah yang sudah dimakan zaman. Erick berjanji akan memperbaiki agar bisa bermanfaat lagi.

"InsyaAllah akan kami perbaiki agar kembali bisa dimanfaatkan para musikus untuk berkarya. Saya ingin masyarakat juga bisa menikmati saksi sejarah perkembangan musik di Indonesia," tutur Erick.

Apa itu Lokananta? Langsung klik halaman berikutnya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT