ADVERTISEMENT

UMKM Nggak Zaman Cuma Jago Kandang, Shopee Dorong Biar Bisa Ekspor

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Selasa, 09 Agu 2022 14:52 WIB
Shopee
UMKM Nggak Zaman Cuma Jago Kandang, Shopee Dorong Biar Bisa Ekspor/Foto: Istimewa
Jakarta -

Shopee memperbarui fitur Shopee Pilih Lokal sebagai wujud komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM dalam mendukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia menyambut HUT RI pekan depan.

Fitur yang menyajikan produk UMKM dalam satu laman khusus ini sebelumnya telah diluncurkan pada April 2021. Lebih lanjut, di tahun tersebut pula, platform toko online berlogo orange ini juga meluncurkan berbagai program demi mendorong kemajuan UMKM RI.

Program tersebut antara lain Program Ekspor Shopee, Koleksi UMKM Binaan Shopee, dan Program Kampus UMKM Shopee. Kini setelah pembaharuannya itu, laman Shopee Pilih Lokal terhubung dengan produk dari hasil program-program tersebut. Salah satu yang paling menarik perhatian ialah bagian Produk Lokal Go Global atau bisa disebut juga hasil dari Program Ekspor Shopee.

Program Ekspor Shopee merupakan fasilitas yang diberikan Shopee demi membantu UMKM dalam melakukan aktivitas ekspor melalui pembinaan. Para pelaku usaha bisa mendaftar secara gratis dan terbuka untuk memilih untuk menjual produk ke tujuh negara di Asia Tenggara dan Amerika Latin.

"Untuk Kampus Ekspor sendiri terbuka buat semua. Tinggal langsung daftar aja," ujar Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna saat acara Konferensi Pers Shopee Pilih Lokal di Gedung Kampus UMKM Shopee, Jakarta Selatan, Selasa (9/8/2022).

Sementara untuk sistematika dan persyaratan ekspor sendiri, akan menyesuaikan dengan regulasi dari pemerintah Indonesia juga negara tujuan. Sedangkan pihak Shopee akan membantu dalam memberikan pengarahan.

Salah satu UMKM yang berhasil setelah mengikuti Program Ekspor Shopee ialah Monica The Label milik pengusaha asal Solo, Monica Kumala.

"Saya ikut pelatihan di Kampus UMKM Shopee Ekspor Solo untuk belajar mengenai inventori pergudangan dan juga program ekspor. Fasilitas seperti studio foto juga saya manfaatkan dan sangat membantu saya menghasilkan materi promosi yang menarik," ungkap Monica.

Monica ekspor setiap hari. Berlanjut ke halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT