ADVERTISEMENT

Top! Penjualan Merchant GoFood di Vietnam Naik 3x Lipat

Hanifa Widyas - detikFinance
Selasa, 09 Agu 2022 16:00 WIB
GoFood
Foto: dok. Gojek
Jakarta -

Gojek mengungkapkan data terbaru terkait dengan performa bisnis merchant GoFood di Vietnam yang melesat di semester pertama tahun (H1) 2022 dari periode yang sama tahun 2021 (year on year/yoy).

Berdasarkan data resmi Gojek, pemulihan yang kuat dalam transaksi pesan-antar makanan online dan pertumbuhan bisnis merchant GoFood Vietnam menjadi faktor melesatnya performa ini. Rata-rata penjualan merchant pada H1-2022 meroket hampir 3 kali lipat year on year. Mengacu pada data tersebut, jumlah pengguna di Vietnam yang melakukan transaksi GoFood meningkat sebesar 66% year-on-year pada paruh pertama tahun 2022.

Menurut Head of Merchants Gojek Vietnam Dung Le, pertumbuhan penjualan merchant GoFood menunjukkan adanya pemulihan ekonomi yang kuat di Vietnam, terutama di pusat-pusat perkotaan, seperti Kota Ho Chi Minh (HCMC) dan Hanoi.

"Dengan banyaknya masyarakat yang mengandalkan platform online untuk kebutuhan sehari-hari, pedagang makanan yang memanfaatkan kekuatan layanan digital akan memiliki peluang besar untuk mengembangkan bisnis mereka," kata Dung Le dalam keterangan tertulis, Selasa (9/8/2022).

Jumlah pengguna baru yang tumbuh hingga 35% juga mencerminkan kenaikan popularitas GoFood di Ibu Kota Vietnam, Hanoi. Kenaikan ini hampir 5 kali lebih besar dibandingkan dengan di HCMC. Sementara itu, total volume pesanan juga melesat bersamaan dengan jumlah pesanan atau order GoFood yang naik 72% di paruh pertama tahun 2022.

Di Hanoi, pada periode yang sama jumlah pesanan GoFood naik lebih dari 3 kali lipat. Kendati harga makanan di GoFood sebagian besar tetap sama, nilai rata-rata pesanan GoFood tumbuh 23% year-on-year pada paruh pertama tahun 2022.

Hasilnya, rata-rata penjualan bulanan merchant di GoFood meningkat secara signifikan dalam 6 bulan pertama di tahun 2022 berdasarkan pertumbuhan jumlah pengguna dan nilai pesanan.

Rata-rata penjualan merchant GoFood di Vietnam pada H1-2022 hampir 3 kali lipat year-on-year. Kenaikan tersebut dibuktikan dengan transaksi penjualan merchant GoFood di Hanoi yang meningkat 5 kali lipat dan Ho Chi Minh (HCMC) dengan peningkatan lebih dari 2 kali lipat.

Sementara itu, pemilik PaPa Chicken-Ga Ran-Com Ga Nguyen Huu Hai mengatakan saat memulai bisnis kerja sama dengan GoFood di tahun 2019, PaPa Chicken hanya memiliki satu outlet. Namun, dengan dukungan gojek, pihaknya dapat memperluas bisnis ke 28 outlet di Vietnam hanya dalam kurun waktu 3 tahun.

Saat ini, PaPa Chicken memiliki empat di HCMC dan 24 di Hanoi. Selain itu, pendapatan penjualan PaPa Chicken di GoFood meningkat 20 kali lipat pada kuartal pertama tahun 2022 dibandingkan dengan kuartal terakhir tahun 2021.

"Seiring dengan pertumbuhan kehadiran platform online selama beberapa tahun terakhir, kami telah melihat banyak manfaat dari kemitraan kami dengan GoFood: platform berbasis teknologi yang mewadahi manajemen bisnis online dan promosi yang efektif, staf yang berdedikasi, serta kemampuan untuk menjangkau basis pelanggan yang luas dan beragam," katanya Nguyen Huu Hai.

Jumlah Merchant GoFood Naik. Klik Selanjutnya



Simak Video "Gojek Gandeng BTS Gelar Pameran 'Gojek Space Installation'"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT