ADVERTISEMENT

55 Hari Jadi Mendag, Zulhas Klaim Bisa Jinakkan Harga Minyak Goreng

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 10 Agu 2022 16:11 WIB
Poster
Foto: dok. Kemendag
Jakarta -

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas mengklaim pada hari ke 55 menjadi Mendag telah menjinakkan harga minyak goreng. Di mana sebelumnya, ia bilang harga komoditas itu sulit dikendalikan harganya.

"Hari ini 55 hari sudah bekerja sebagai Menteri, terutama minyak goreng yang susah dijinakan, sekarang alhamdulillah sudah jinak," ucapnya dalam sambutannya di Launching The 37th Trade Expo Indonesia "Strengthening Global Trade for Stronger Recovery", Rabu (10/8/2022).

Zulhas juga bercerita bahwa telah mendapatkan tugas baru lagi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun, dia tidak menyebutkan tugas baru apa dari hasil pertemuan dengan Jokowi pagi tadi.

"Satu tugas lagi pagi-pagi saya dipanggil Pak Presiden, dipanggil setengah 10 nawar jam 9, tawar lagi setengah 9, akhirnya saya tawar lagi jam 8, diterima jam 8. Dan jam 10 tadi saya daftar KPU," jelasnya.

Selain harga minyak goreng yang disebut sudah menurun, komoditas lain juga diklaim sudah menurun. Zulhas menyebutkan harga ayam, bawang, hingga berbagai jenis cabai sudah turun.

"Inflasi kita 4,9 tapi sekarang sudah mulai harga harga bisa dicek ayam dari Rp 46 ribu sekarang Rp 36 ribu per kilo, bawang dari Rp 80 ribu sekarang tinggal Rp 30 ribu per kilo, cabai merah, keriting, rawit segala macam dari Rp 130 ribu sekarang sudah Rp 70 ribu per kilo," ucapnya, kepada awak media.

"Telur dari Rp 32 ribu jadi Rp 27 ribu per kilo gitu, jadi mudah-mudahan ini jangan sampai apa namanya naik lagi," tambahnya.

Sebagai informasi, sebelumnya Zulhas memang pernah mengatakan bahwa saat ini harga minyak goreng curah di level Rp 14.000 per liter bahkan ada yang lebih murah. Janjinya ke depan, dalam dua minggu bisa menekan harga minyak goreng curah di Papua dan Maluku.

"Jadi dua mingguan lagi saya kira sudah sama Rp 14.000/liter. Sekarang Rp 17.000/liter di Maluku dan Papua Rp 17.000/liter," ungkapnya di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Zulhas juga bilang untuk mendorong harga minyak goreng curah di Papua dan Maluku, pihaknya akan mengirimkan 1.000 ton minyak goreng curah.



Simak Video "Mendag Akan Kirim 1.200 Ton Minyak Goreng ke Maluku-Papua"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT