ADVERTISEMENT

Daftar Harga Mi Instan di Indomaret dan Alfamart Terbaru, 11 Agustus 2022

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 11 Agu 2022 11:29 WIB
Keren! Indomie Jadi Mie Instan Terenak Versi Media Australia, Kalahkan Mie Instan Malaysia
Foto: iStock/Nine AU
Jakarta -

Belakangan ini isu kenaikan harga mi instan tengah jadi sorotan banyak orang. Jajaran pemerintah mulai dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mewanti-wanti masyarakat terkait kemungkinan naiknya harga mi instan.

Kenaikan harga mi instan ini disebut gara-gara konflik atau perang yang terjadi antara Rusia dengan Ukraina. Kedua negara itu termasuk dalam produsen gandum terbesar di dunia.

Karenanya, perang akan membuat pasokan gandum, yang merupakan bahan baku mi instan, dari dua negara tersebut terhambat dan membuat harga mi instan dalam negeri naik. Apalagi Indonesia termasuk negara pengimpor gandum terbesar.

Namun di sisi lain Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan hingga bos produsen Indomie, yakni Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk Franciscus (Franky) Welirang punya pandangan berbeda.

Baik Zulkifli maupun Franky berpendapat bahwa kenaikan harga gandum saat ini diharapkan tidak membuat harga mi naik. Sebab panen gandum saat ini di negara produsen telah membaik.

Terlebih lagi dikatakan bahwa Indonesia mengimpor gandum ke banyak negara. Apalagi, saat ini beberapa negara yang dimaksud juga sedang panen gandum. Dengan demikian diharapkan bahwa pasokan gandum dalam negeri tak akan banyak terpengaruh.

Lantas, berapa harga mi instan saat ini?

Berdasarkan pantauan detikcom di Tokopedia, rata-rata harga mi instan dijual mulai dari Rp 2.500 per bungkus. Salah satu penjual membanderol Mie Sedaap sebesar Rp 2.720-Rp 3.200 per bungkus.

Kemudian, ada pula yang menjual Indomie rasa soto mie, ayam bawang, dan kari ayam sebesar Rp 2.800-Rp 3.200 per bungkus. Pedagang lain menjual Indomie goreng sekitar Rp 2.600-Rp 3.050 per bungkus.

Harga mi instan di e-commerce lain seperti Shopee, terbilang cukup kompetitif. Sebab, harganya mirip-mirip dengan pedagang yang menjual di Shopee.

Sebagai contoh, harga Mie Sedaap rasa soto dibanderol Rp 2.520. Ada juga yang membanderol Indomie dengan berbagai varian dengan harga Rp 2.950 per piecenya. Kemudian untuk harga mi instant merek Mi ABC selera pedas dihargai Rp 2.500 per piece.

Sedangkan untuk harga mi instan di Indomaret sudah berada di kisaran Rp 3.000/bungkus. Berdasarkan situs klik Indomaret, harga Indomie Mi Instan Ayam Bawang dan Indomie Mi Instan Goreng dibandrol dengan harga Rp 3.000 per bungkusnya.

Sedangkan untuk Sedaap Mie Instant Ayam Bawang saat ini dibandrol dengan harga Rp 3.000 per bungkus. Begitu pula harga yang sama dikenakan untuk produk Sedaap Mie Instant Soto dan goreng.

Selanjutnya, berdasarkan informasi dari aplikasi Alfagift, Indomie Mi Instan Ayam Bawang seharga dengan harga Rp 3.000 dan Indomie Mi Instan Goreng dibandrol dengan harga Rp 3.100 per bungkusnya. Untuk satu dus Indomie Goreng berisi 40 pcs harganya Rp 119.000.

Namun untuk Sedaap Mie Instant Ayam Bawang dan Sedaap Mie Instant soto saat ini dibandrol dengan harga Rp 3.000 per bungkus. Begitu pula untuk produk Sedaap Mie Instant goreng dibandrol senilai Rp 3.100 per bungkus. Untuk satu dus karton Mie Sedaap dihargai Rp 118.000.

Simak Video: Krisis Gandum Bikin Harga Mie Instan Naik, Apa Antisipasi Indonesia?

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT