ADVERTISEMENT

Pedagang Kenang Masa Jaya Mal Blok M: Mau Jalan Aja Sulit, Dempet-dempetan!

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 11 Agu 2022 15:40 WIB
Mal Blok M Sepi/Achmad Dwi Afriyadi-detikcom
Foto: Mal Blok M Sepi/Achmad Dwi Afriyadi-detikcom
Jakarta -

Mal Blok M di Jakarta Selatan kini sangat sepi. Banyak ruko yang tutup, di sisi lain pengunjung yang melintas hanya hitungan jari.

Kondisi mal ini berbeda jika dibanding dulu. Atau sebelum tahun 2017. Saat itu, Mal Blok M masih jaya-jayanya.

Penjaga toko sepatu Agung, mengatakan, mal ini dulu sangat ramai. Apalagi, ketika momen jelang Lebaran di mana untuk jalan saja sulit.

"Kalau dulu mah ramai, orang mau lewat, hari puasa, menjelang Lebaran, orang lewat nggak bisa los kaya gini, dempet-dempetan dia saking full," katanya kepada detikcom di Mal Blok M Jakarta, Kamis (11/8/2022).

Agung sudah jaga di ruko ini sejak tahun 2002. Namun, ia mengaku sudah sejak kecil di kawasan ini karena orang tuanya juga berdagang di wilayah tersebut.

Lanjut Agung, saat masa jayanya, banyak ruko buka di Mal Blok M. Di kawasan ini, ada juga Ramayana dan Robinson yang kerap menawarkan diskon.

"Itu yang narik orang dari daerah-daerah, dari mana daerah pasti belanjanya, daripada kebayakan ke Tanah Abang, banyakan ke sini," ujarnya.

Ramainya Mal Blok M juga didukung oleh banyaknya akses moda transportasi seperti Kopaja dan Metromini yang 'ngumpul' di Blok M. Kala itu, kata dia, Mal Blok M hidup juga karena banyaknya event.

"Dulu di sini tuh banyak kegiatan, kaya ada pentas di bawah tuh," ujarnya.

Momo, penjaga ruko pakaian juga mengungkap hal senada. Saat mal ini jaya, ia mengaku untuk santai aja sulit.

"Aktivitas dulu di sini mah nggak ada duduk-duduk begini. Berdiri mulu karena ramai. Ini mah apaan, tidur juga bisa," kata wanita berambut cepak tersebut.

Dia mengatakan, kala itu pengunjung akan susah melintas di mal karena saking padatnya. Dia mengatakan, banyak pedagang yang membuka lapak di kawasan mal ini, tidak hanya di ruko tapi juga di jalan akses mal.

"Padat banget lewat aja susah ibaratnya, di tengah-tengah juga banyak yang jual. Di tengah-tengah sini penuh dulu," ujarnya.



Simak Video "Sudah Dibuka, Begini Suasana Plaza Blok M di PSBB Masa Transisi"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT