ADVERTISEMENT

Bapenda Jatim Kantongi Rp 188 M dari Pajak Kendaraan Lewat Tokopedia

Arief Budiman - detikFinance
Kamis, 11 Agu 2022 16:00 WIB
Tokopedia
Foto: Dok. Tokopedia
Jakarta -

Tokopedia berkolaborasi bersama Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Timur dan Kota Surabaya untuk mewujudkan digitalisasi perpajakan. Berkat kolaborasi tersebut, masyarakat wilayah Jawa Timur dapat lebih mudah untuk memenuhi kewajiban membayar pajak dengan menggunakan aplikasi Tokopedia.

Menurut data terbaru yang dikeluarkan oleh Bapenda Jawa Timur pada awal Agustus 2022, pembayaran objek pajak kendaraan bermotor (PKB) melalui aplikasi Tokopedia berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan asli daerah sebesar Rp 188 miliar lebih.

Diperkirakan pula pendapatan daerah Jawa Timur akan meningkat karena Pemprov Jawa Timur memperpanjang program pemutihan sanksi administrasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) serta pembebasan BBN-II dan seterusnya hingga 30 September 2022. Program pemutihan PKB dan pokok BBN-II ini sebagai upaya pemerintah untuk mendongkrak potensi pajak di Jatim.

"Bapenda Jawa Timur sangat mengapresiasi kehadiran Tokopedia yang berhasil menjadi aplikasi digital nomor satu pilihan masyarakat Jawa Timur untuk melakukan pembayaran E-Samsat. Kami berharap kolaborasi ini dapat terjalin dengan baik demi meningkatnya sistem pelayanan publik dan pendapatan di provinsi Jawa Timur," ucap Kepala Bapenda Provinsi Jawa Timur, Abimanyu Poncoatmojo Iswinarno dalam keterangan tertulis, Kamis (11/8/2022).

"Selain itu, hadirnya fitur pembayaran E-Samsat di Tokopedia juga mendukung upaya sosialisasi wajib pajak yang terus dicanangkan oleh pemerintah provinsi Jawa Timur," lanjutnya.

Sebagai aplikasi yang menghadirkan pelayanan publik secara digital, Tokopedia juga digandeng Bapenda Kota Surabaya dalam penyelenggaraan Wajib Pajak (WP) Gathering yang diselenggarakan di Hotel Santika Premiere Kota Surabaya pada (28/7) lalu.

Kepala Bapenda Kota Surabaya, Musdiq Ali Suhudi pun mengapresiasi Tokopedia yang dinilai sebagai aplikasi pembayaran terbaik di Kota Surabaya untuk penerimaan pajak PBB.

"Kami juga akan terus berinovasi dalam menghadirkan lebih banyak kemudahan pembayaran pajak bagi masyarakat Jawa Timur. Harapannya pembayaran pajak melalui Tokopedia dapat mendorong tingkat partisipasi Wajib Pajak untuk memaksimalkan potensi penerimaan daerah," ucap Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia, Emmiryzan.

(akn/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT