#77PortraitAnakBangsa

Jejak Pandu Sjahrir dalam Dunia Bisnis di Indonesia

Sukma Nur Fitriani - detikFinance
Sabtu, 13 Agu 2022 13:15 WIB
Pandu Sjahrir
Shot on OPPO Reno8 Pro 5G. Foto: Dok OPPO
Jakarta - Nama Pandu Patria Sjahrir atau kerap dikenal dengan Pandu Sjahrir memiliki sepak terjang yang luar biasa di dunia bisnis, investasi, dan juga ekonomi digital yang melejit saat ini. Ia memiliki jabatan tinggi di beberapa perusahaan.

Saat ini Pandu Sjahrir tercatat sebagai Komisaris PT Bursa Efek Indonesia hingga tahun 2023. Sebagai komisaris, ia berperan untuk mewakili para emiten. Dengan jabatan yang kini diembannya, ia ingin mengajak para perusahaan startup dan teknologi untuk bisa menjadi emiten di pasar modal.

Jabatan sebagai komisaris di BEI bukanlah jabatan satu-satunya untuk Pandu Sjahrir. Berkat kepiawaiannya dalam berbisnis dan dunia perekonomian, saat ini ia juga menjabat sebagai direktur atau investor di beberapa perusahaan di Indonesia.

Pria lulusan Stanford Graduate School of Business ini diketahui pernah menjabat sebagai Presiden Komisaris SEA Grup. Sebuah perusahaan yang membawahi Garena, Shopee, dan juga dompet digital. Tak hanya itu, Pandu Sjahrir juga dipercaya sebagai dewan pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) periode 2021-2026.

Selain menjadi komisaris, direktur, dan seorang investor, Pandu juga mengembangkan bisnis usahanya sendiri. Ia mengembangkan bisnis batu bara yang diberi nama PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA). Perusahaan ini menjadi salah satu produsen batu bara berkalori tinggi di Indonesia dan tercatat memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp 2,85 triliun pada tahun 2020.

Keponakan dari Menko Marves Luhut B Pandjaitan ini mengatakan perusahaannya saat ini sedang bertransformasi menjadi perusahaan pembangkit listrik untuk wilayah timur Indonesia. Juga, atas dedikasinya dengan berbagai perusahaan yang dipimpinnya, Pandu dianugerahi penghargaan Asian Society Young Leaders Awards oleh Asia Society. Penghargaan tersebut ditujukkan untuk para pemimpin muda yang usianya berada di bawah usia 40 tahun.

Sebagai informasi, foto 77 Potret Anak Bangsa di atas diabadikan oleh kamera OPPO Reno8 Pro 5G 'The Portrait Expert'. Ponsel ini dilengkapi chipset MariSilicon X, memberikan performa AI terbaik dalam mengolah foto maupun video bahkan saat kondisi minim cahaya.

OPPO Reno8 Pro 5G mampu membuat siapa pun dapat menghasilkan karya dan mengekspresikan diri tanpa batas melalui teknologi yang dimiliki, desain yang memukau dan performa paling unggul. Kamu juga bisa berpartisipasi dalam kampanye 77 Potret Anak Bangsa di Instagram OPPO Indonesia, kunjungi website resmi OPPO Indonesia untuk informasi lebih lanjut melalui tautan ini.

Simak Video "Blak-blakan Pandu Patria Sjahrir: Cerita di Balik Pertemuan Jokowi dan Elon Musk"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)