ADVERTISEMENT

Ini Sosok Pencipta dan Sejarah Lahirnya Mi Instan Pertama di Dunia

Aulia Damayanti - detikFinance
Minggu, 14 Agu 2022 12:00 WIB
Momofuku Ando
Foto: Istimewa
Jakarta -

Siapa yang tidak tahu mi instan? Kudapan favorit banyak orang yang bisa dimakan kapan saja, praktis dan di mana saja. Namun, apakah detikers tahu siapa sosok yang membuat pertama kali mi instan? Bagaimana sejarahnya?

Untuk diketahui, pembuatan mi tertua dan pertama kali ada di China. Sekitar abad kedua, makanan dalam bentuk mi muncul pada zaman kekaisaran Tiongkok kedua yakni Dinasti Han. Kala itu mi berkembang dalam bentuk masakan, dipotong tipis atau dimakan dingin dan tersebar di China.

Mengutip World Instant Noodles Association, Minggu (13/8/20222) Pada abad kedelapan, mi telah meluas ke Jepang, kemudian pada abad ke-10 masuk ke Afghanistan dan Iran.

Bahkan dikatakan bahwa mi menyebar lebih jauh ke Italia dan berkembang menjadi pasta. Berbagai budaya mi menyebar ke Asia Tenggara antara abad ke-15 dan awal abad ke-19.

Kapan hadirnya mi instan?

Memasuki abad ke-20, ramen ayam ditemukan pada tahun 1958 di Jepang, itu adalah kelahiran mi instan pertama di dunia karena dapat dimakan kapan saja, di mana saja hanya dengan menuangkan air panas. Mi instan pertama dibuat oleh Momofuku Ando, seorang pengusaha Jepang yang lahir di Taiwan.

Ide awal pria yang akrab disapa Ando itu berawal saat dirinya ditugaskan oleh Kementerian Pertanian Jepang 10 tahun usai Perang Dunia II untuk membuat makanan dari bahan baku gandum. Kemudian Ia berpikir makanan seperti apa yang bisa disajikan dengan cepat, enak, tidak mudah rusak, ekonomis, dan aman.

Hingga akhirnya Ando menciptakan ramen ayam yang menjadi mi instan pertama di dunia. Saat itu, karena pembuatannya yang praktis, mi instan buatan Ando disebut 'ramen ajaib'. Mi instan pertama itupun langsung meluas ke seluruh Jepang.

Momofuku AndoMomofuku Ando Foto: Istimewa

Dikutip dari Adtimes, munculnya mi instan tersebut sekitar 1400 tahun setelah kelahiran mi di China. Kemudian menyebar dengan cepat ke negara-negara di seluruh dunia.

Mi instan menyebar ke seluruh dunia hanya dalam 40 tahun setelah ditemukan. Hal ini karena produsen dengan mahir memasukkan budaya dan cita rasa makanan lokal, dan diterima secara luas oleh banyak orang sebagai makanan lezat yang mudah disiapkan.

Ide menjual mi dalam cangkir muncul ketika Ando melakukan perjalanan bisnis ke Amerika Serikat. Dia melihat banyak orang menggunakan kembali cangkir kopi styrofoam sebagai mangkuk ramen. Ini akhirnya yang membantunya membuat wadah tahan panas darurat untuk mi instannya.

Pada tahun 1971 komersialisasi mi instan sebenarnya dimulai oleh Nissin, perusahaan Ando, dengan memperkenalkan mi cangkir dan kemudian menguasai seluruh dunia. Ini membantu Ando mengembangkan pasarnya dengan margin yang lebih luas. Sekarang Nissin telah menjual lebih dari 20 miliar unit mi cup.

Pada tahun 2005, mi instan terbang luar angkasa dengan astronot Jepang Soichi Noguchi. Hal itu diketahui saat Noguchi merilis bagaimana dirinya membuat video makan mi instan di sana.



Simak Video "Masak Masak: Resep Kombinasi Mi Goreng dan Sate Taichan"
[Gambas:Video 20detik]
(ada/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT