ADVERTISEMENT

Bahan Baku Mi Bakal Diganti Sorgum? Ini Penjelasan Kementan

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 15 Agu 2022 10:23 WIB
Sorgum Adalah Apa? Disebut Jokowi Alternatif Pengganti Beras
Foto: Getty Images/iStockphoto/HadelProductions
Jakarta -

Baru-baru ini Kementerian Pertanian dan Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk Franciscus Welirang atau Franky melakukan pertemuan. Keduanya membahas akan melakukan pengembangan tanaman sorgum untuk alternatif memenuhi kebutuhan pangan nasional.

PT Indofood Sukses Makmur Tbk sendiri merupakan produsen dari mi terpopuler di Indonesia yakni Indomie. Dengan pengembangan sorgum apakah bahan baku mi akan menggantikan gandum?

Kementerian Pertanian (Kementan) menjelaskan bahwa sorgum tidak menggantikan 100% gandum sebagai bahan baku mi atau sejenisnya. Ia mengatakan sorgum nantinya akan menjadi bahan substitusi yang diharapkan bisa menekan impor gandum di Indonesia.

"Kalau 100 % menggantikan tidak. Sorgum sifatnya sebagai bahan substitusi pada bahan baku mie dan sejenisnya. Bukan pengganti. Paling tidak kebutuhan impor gandum menjadi berkurang dan bisa dipenuhi dengan substitusi sorgum dalam negeri," kata Direktur Serealia Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementan, Moh. Ismail Wahab kepada detikcom, Senin (15/8/2022).

Menurutnya, sifat khas sorgum yang non gluten atau tidak mengembang dan tidak kenyal, sehingga tetap ada bahan tambahan lain yang digunakan. Berkaitan dengan rasa mi dengan bahan baku sorgum, Ismail mengatakan berdasarkan uji organoleptik substitusi tepung sorgum pada mie, memiliki rasa yang hampir sama.

"Tinggal nanti disesuaikan dengan cita rasa mie yang ingin diproduksi," jelasnya.

Meski saat ini sorgum terdengar asing oleh sebagian masyarakat, Ismail mengatakan sebenarnya tanaman sorgum cukup akrab di masyarakat Indonesia sejak lama, dengan penyebutan nama yang berbeda di tiap wilayah.

"Ada cantel di Jawa, gandrung di Jawa Barat, Jagung Rote, Beleleng di Lombok, Latu di Bima dan lainnya," ungkapnya.

Ismail menjelaskan sorgum dikatakan sebagai tanaman multi fungsi hingga ramah lingkungan atau zero waste, di mana seluruh bagiannya bisa dimanfaatkan. Mulai dari batang, daun, dan biji.

"Hasil utama sorgum adalah biji sorgum yang dapat diolah menjadi beras sorgum (nasi sorgum) sebagai alternatif beras, lalu tepung sorgum yang bisa diolah menjadi berbagai macam olahan makanan lain seperti kue, bolu,brownies, cookies, mi, dan cemilan lain berbahan tepung," tutupnya.

Simak juga video 'Krisis Gandum Bikin Harga Mie Instan Naik, Apa Antisipasi Indonesia?':

[Gambas:Video 20detik]



(ada/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT