ADVERTISEMENT

Bamsoet Bicara Ancaman Mengerikan, RI Bakal Dilanda Hiperinflasi 12%!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 16 Agu 2022 10:10 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo berbicara ancaman yang tengah menghantui ekonomi RI. Ancaman itu adalah inflasi.

Hal disampaikannya di depan Presiden RI Joko Widodo, Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta sederet menteri dalam acara Sidang Tahunan MPR, Selasa (16/8/2022).

Dia mengatakan, Presiden sudah berkali-kali bicara mengenai ancaman krisis global yang sudah di depan mata. Sebanyak 320 juta penduduk dunia dalam kondisi kelaparan akut dan 66 negara diprediksi bangkrut.

"Dan perlambatan serta kontraksi ekonomi global makin memburuk karena tingginya inflasi," tuturnya.

Menurut Bambang, inflasi merupakan ancaman yang tidak bisa disepelekan. Sebab laju inflasi setiap kuartalnya selalu meningkat, bahkan diperkirakan RI bisa menghadapi hiperinflasi.

"BPS mencatat per Juli 2022 laju inflasi Indonesia berada di level 4,9%, pada bulan Agustus meningkat di kisaran 5-6%. Bulan September kita diprediksi menghadapi ancaman hiperinflasi. Kita diprediksi masuk ke inflasi 10-12%," tuturnya.

Menurutnya jika itu benar kejadian maka akan sangat membebani ekonomi rakyat kecil. Berbagai harga kebutuhan akan melonjak drastis.

"Laju kenaikan inflasi disertai lompatan harga pangan dan energi bebani masyarakat yang baru bangkit dari pandemi COVID-19," tuturnya.



Simak Video "Jokowi Siapkan Rp 608,3 T untuk Sektor Pendidikan di Tahun 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT