ADVERTISEMENT

Tunggu Dulu! Ini PR Pemerintah Garap Sorgum Jadi Bahan Baku Mi

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 16 Agu 2022 10:58 WIB
Sorgum Adalah Apa? Disebut Jokowi Alternatif Pengganti Beras
Ini PR Pemerintah Garap Sorgum Jadi Bahan Baku Mi/Foto: Getty Images/iStockphoto/HadelProductions
Jakarta -

Pemerintah berencana mengembangkan sorgum sebagai bahan substitusi, tentu juga untuk menekan impor gandum. Namun, pengamat mengungkap ada segudang pekerjaan rumah yang harus menjadi perhatian dan disiapkan khusus.

Guru Besar Institut Pertanian Bogor, Dwi Andreas Santosa mengatakan sejumlah hal yang harus disiapkan pemerintah, pertama persiapan lahan sorgum. Dia menjelaskan, saat ini produktivitas sorgum 4 ton per hektare (ha) dengan luas tanah 3 juta ha.

"Kebutuhan 3 juta hektar itu dari mana? Itu pertama soal lahan," katanya kepada detikcom, ditulis Selasa (16/8/2022).

Kedua, terkait keuntungan usaha tani kalau ikut mengembangkan sorgum. Ia mempertanyakan apakah petani menanam sorgum lebih menguntungkan daripada menanam tanaman lainnya.

"Karena apa? Petani itu pinter ada program pemerintah kalau ada uangnya mereka lakukan. Programnya berhenti nggak akan dilakukan. Mereka akan pilih tanaman yang menguntungkan. Sorgum bisa nggak sama jagung yang sama sama bisa di lahan kering?" ungkapnya.

Hitung-hitungannya, Andreas membeberkan, misalnya jaringan usaha tani akan memproduksi 5 ton sorgum. Harga sorgum saat ini di kelas tani Rp 2.500-3.500 per kilogram (kg), jika diambil rata-rata Rp 3.000 per kg.

"Maka pendapatannya 3 kali 5 jadi Rp 15 juta. Usaha tani pendapatannya 15 juta, Untung apa nggak? Biayanya Rp 15 juta hasil penjualan Rp 15 juta. Kecuali bisa ditekan biaya usaha taninya," ungkapnya.

Lalu, Andreas pun mempertanyakan apakah nanti mi atau roti dari tepung sorgum bisa setara dengan yang berbahan tepung gandum.

"Sanggup nggak tepung dari sorgum ini harganya setara dengan mi dari tepung dari gandum? Dengan kualitas yang saat ini loh ya. Sebelum naik seperti sekarang ini dan nantinya akan turun, harga tepung gandum Rp 8.000 sampai Rp 9.000/kg," katanya.

Sementara tepung sorgum saat ini menurutnya di level Rp 15.000 per kilogram. Selain masalah harga, tantangan lainnya dalam mengembangkan sorgum untuk menjadi mi dan makanan lainnya adalah adaptasi masyarakat untuk makan makanan dengan bahan baku sorgum.

Sorgum lebih mahal dari gandum? Cek halaman berikutnya.

Simak juga Video: Jokowi Minta Waspadai Kenaikan Harga Roti-Mi Instan Imbas Perang Ukraina

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT