ADVERTISEMENT

Puan Bicara 'Hantu' Mengerikan, Namanya Stagflasi

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 16 Agu 2022 14:11 WIB
Puan Maharani
Foto: Dok. DPR RI
Jakarta -

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani membeberkan sederet tantangan berat yang dihadapi ekonomi Indonesia. Salah satunya stagflasi.

Puan mengatakan, sebenarnya masalah roda perekonomian dunia akibat pandemi sudah hampir hilang, namun permasalahan baru muncul. Menimbulkan risiko yang lebih berat untuk pemulihan ekonomi global maupun nasional.

"Lonjakan harga komoditas strategis kerentanan pangan kerentanan energi dan peningkatan inflasi global serta ancaman stagflasi," tuturnya dalam pidato di acara Rapat Paripurna dalam rangka Pidato Presiden RI atas RAPBN 2023 dan Nota Keuangan, Selasa (16/8/2022).

Stagflasi sendiri merupakan kondisi ekonomi suatu wilayah, di mana pertumbuhan ekonomi mengalami kontraksi berbarengan dengan laju inflasi yang tinggi. Puan melihat kondisi itu menjadi ancaman.

"Ancaman tersebut akan berdampak besar bagi perekonomian nasional kita khususnya dari segi fiskal dan moneter yang akan mempengaruhi investasi daya beli masyarakat kemampuan keuangan negara dan pemulihan ekonomi nasional," ucapnya.

Selain menghadapi tantangan global tersebut, Puan menilai pembangunan ekonomi RI juga dihadapkan pada sejumlah tantangan dalam negeri khususnya pemulihan ekonomi nasional.

"Penyelesaian sejumlah agenda pembangunan yang tertunda serta berbagai permasalahan struktural dalam pembangunan," ucapnya.



Simak Video "Puan soal Sinyal Kenaikan BBM: Belum Ada Usulan"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT