ADVERTISEMENT

Puan Bicara Persoalan Serius di Balik Impor Pangan

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 16 Agu 2022 14:22 WIB
Puan Maharani (Tangkapan layan YouTube DPR RI)
Foto: Puan Maharani (Tangkapan layan YouTube DPR RI)
Jakarta -

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani menilai Indonesia menghadapi kerentanan yang serius. Itu akibat suplai pangan yang bergantung pada impor.

Hal itu disampaikannya dalam pidato di acara Rapat Paripurna dalam rangka Pidato Presiden RI atas RAPBN 2023 dan Nota Keuangan, Selasa (16/8/2022).

"Suplai pangan yang sebagian bertumpu pada impor membawa kerentanan yang serius," tuturnya.

Menurutnya risiko atas pasokan berakibat pada kelangkaan stok dan kenaikan harga. Ditambah lagi risiko gejolak kurs membuat RI harus membayar lebih mahal untuk mendatangkan suplai bahan pangan impor.

"Supply stock pangan dan energi dunia akibat konflik geopolitik global harus menjadi pelajaran serius kita dalam meningkatkan kemandirian pangan dan ketahanan energy nasional," tuturnya.

Dia juga berbicara mengenai Indonesia yang masih doyan ekspor komoditas. Bahkan menurutnya Indonesia sudah kecanduan ekspor komoditas.

"Perlahan kita harus mulai mengurangi kecanduan ekspor komoditas. Kita perlu memperkuat kebijakan investasi yang diarahkan pada menguatnya industri nasional dalam mengelola nilai tambah komoditas ekspor," tutupnya.

Simak video 'Puan: APBN 2023 Harus Pertimbangkan Dinamika Global Hingga Subsidi':

[Gambas:Video 20detik]



(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT