ADVERTISEMENT

Pak Zulhas, Pedagang Ngeluh Minyakita Belum Merata di Jakarta

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 16 Agu 2022 16:56 WIB
Mendag Zulkifli Hasan resmi meluncurkan minyak goreng curah dalam kemasan sederhana. Dalam kesempatan itu, Zulhas juga sempat melayani warga yang membeli migor curah.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Kementerian Perdagangan pada 6 Juli 2022 lalu telah meluncurkan minyak goreng curah kemasan Rp 14.000 per liter dengan merek dagang Minyakita. Namun, pedagang pasar mengungkap sampai hari ini Minyakita belum merata di pasar Jabodetabek, bahkan Jakarta sendiri.

"Faktanya di lapangan kalau kita cari Minyakita jarang kita temui Jakarta, atau Jabodetabek jarang kita temui, sudah ada tapi ya jarang," kata Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri, kepada detikcom, Selasa (16/8/2022).

Menurutnya, seharusnya pemerintah dalam hal ini Menteri Perdagangan ZUlkifli Hasan yang biasa disapa Bang Zul memastikan terlebih dahulu stok hingga produksinya yang jelas baru diluncurkan. Sementara saat ini, Mansuri mengatakan setelah diluncurkan distribusinya belum merata.

"Seharusnya pemerintah jangan gegabah launching Minyakita mengatakan akan ada di seluruh pasar tradisional di Indonesia. Itu menurut kami jadi problem. Kenapa nggak dipastikan dulu pengadaan, dipastikan ada distribusi ke semua pasar. Baru setelah itu launching. Ini Jakarta belum merata," lanjutnya.

Meski begitu, pedagang pasar mengakui bahwa harga minyak goreng curah saat ini sudah berangsur mencapai titik harga eceran tertinggi (HET). Mansuri mengatakan secara keseluruhan harga minyak goreng curah di pasar sudah Rp 14.000 per kilogram.

"Secara keseluruhan di Jakarta ini sudah Rp 14.000 kalaupun di atas Rp 14.000 itu paling nggak sampai Rp 14.500. Hanya sampai Rp 14.300 atau paling tinggi Rp 14.400," tutupnya.



Simak Video "Kata Jokowi soal Zulhas Promosi Anaknya saat Bagikan Minyak Goreng"
[Gambas:Video 20detik]
(ada/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT