ADVERTISEMENT

HUT Ke-65, Astra Sulawesi Akan Majukan UMKM di Makassar, Palu & Manado

Hanifah - detikFinance
Kamis, 18 Agu 2022 12:02 WIB
Astra
Foto: Astra-Direktur Astra Gita Tiffani Boer
Jakarta -

Rangkaian acara peringatan HUT ke-65 Astra Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama kembali berlanjut setelah sebelumnya dibuka pada Februari 2022 lalu. Sama seperti acara sebelumnya, rangkaian HUT ke-65 ini masih diadakan berdasarkan pembagian wilayah di Indonesia.

Kali ini, peringatan HUT ke-65 Astra hadir dengan nuansa Pulau Sulawesi yang mengusung tema Hari UMKM Nasional dan HUT Ke-77 Republik Indonesia. Rangkaian kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari, yakni dari 18-20 Agustus dan dapat diakses secara virtual melalui 65tahunastra.jagat.live.

Membuka rangkaian HUT ke-65 Astra Sulawesi sekaligus memperingati Hari UMKM Nasional, Astra mengadakan seremoni pelepasan ekspor perdana produk unggulan dari tiga Desa Sejahtera Astra atau DSA, yakni ekspor rumput laut dari DSA Wakatobi ke Cina, ekspor perikanan dari DSA Bombana ke Amerika dan Taiwan, dan minyak nilam dari DSA Bone ke India dan Pakistan.

"Acara Festival Kewirausahaan Astra 2022 membuka rangkaian acara HUT Ke-65 Sulawesi lewat seremoni pelepasan ekspor perdana produk unggulan dari tiga Desa Sejahtera Astra, yaitu Desa Sejahtera Wakatobi, Bombana, dan Bone dengan total transaksi Rp 6,5 miliar di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 12 Agustus lalu," ungkap Head Communication Astra Boy Kelana Soebroto dalam Media Gathering HUT Ke-65 Astra yang berlangsung virtual, Kamis (18/8/2022).

Adapun webinar ini turut mengundang Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki. Dalam sambutannya, ia mengatakan pembangunan ekonomi berkelanjutan dan inklusif menjadi kata kunci.

"Terlebih setelah ada konflik antara Rusia dan Ukraina yang berdampak pada peningkatan harga komoditas yang tinggi, terutama energi dan pangan, adalah gangguan yang berakibat pada peningkatan kerawanan pangan dan kemiskinan yang harus kita waspadai. Kami percaya, hanya melalui pengembangan UMKM lah ekonomi Indonesia bisa bertahan dari krisis, yakni UMKM yang perlu didasarkan pada pembuatan atau potensi ekonomi daerah," tegas Teten.

Koordinator HUT ke-65 Astra Wilayah Sulawesi Suhardi mengungkapkan dalam memperingati Hari UMKM Nasional, tahun ini pihaknya menyisir UMKM tiga kota besar di Indonesia. Ia mengatakan program ini merupakan bentuk partisipasi Astra untuk mendorong keterlibatan UMKM dalam perekonomian Indonesia.

"Kami Putra Sulawesi melakukan liputan UMKM ke kota Makassar, Palu, dan Manado sebagai bentuk dukungan kami untuk memperkenalkan berbagai UMKM yang memiliki potensi besar dalam mendongkrak perekonomian. Selain itu, kami juga mengundang tokoh terkemuka yang memiliki concern terhadap UMKM untuk membagikan pandangan kepada kita semua," jelas Suhardi.

Program ini dilaksanakan sebagai bentuk partisipasi Astra untuk mendorong keterlibatan UMKM dalam perekonomian Indonesia. Harapannya, di usia Indonesia yang semakin bertambah, maka pertumbuhan UMKM dapat turut mendorong pertumbuhan ekonomi nasional sehingga semakin banyak tenaga kerja yang terserap untuk bersama-sama membangun Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Astra Gita Tiffani Boer mengungkapkan Astra telah membina 15.900 UMKM hingga akhir tahun 2021. Tidak hanya itu, ia juga mengungkapkan perayaan HUT Ke-65 Astra Sulawesi yang akan berlangsung selama tiga hari juga akan dimeriahkan dengan berbagai webinar kewirausahaan yang dibalut dengan nuansa Pulau Sulawesi.

"Hingga akhir tahun 2021, Astra telah membina lebih dari 15.900 UMKM, 24 lembaga pengembangan bisnis, 878 penyandang disabilitas, serta 125 startup yang turut menggerakkan kewirausahaan Indonesia," papar Gita.

Sebagai informasi, rangkaian HUT ke-65 Astra ini akan berlangsung hingga November 2022. Setelah Sulawesi, Astra akan menggelar rangkaian HUT ke-65 di Kalimantan, Bali, serta Nusa Tenggara-Indonesia Timur. Adapun tema yang diusung nantinya akan beragam, mulai dari Hari Lingkungan, Hari Keselamatan Lalu Lintas, dan lainnya.



Simak Video "Astra Hadirkan Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT