ADVERTISEMENT

Jokowi Minta Segera Turun, Harga Tiket Pesawat Masih Segini

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 19 Agu 2022 15:21 WIB
Demi melayani para pengguna setianya, Maskapai Plat Merah Garuda Indonesi terus memberikan pelayanan terbaiknya, salah satunya membuka gerai terbarunya di Mall Kota Kasablanka, Jakarta. Hadir dalam acara tersebut Direktur Layanan Garuda Indonesia Nicodemus Lampe bersama Direktur Utama Aerowisata Gatot Satriawan dan Direktur PT Elit Prima Hutama Irwan Senjaya untuk mengamati proses pelayanan dan penjualan tiket di kantor penjualan di Jakarta. Pembukaan kantor layanan ini merupakan wujud komitmen Garuda Indonesia untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan setianya.  Rachman Haryanto/detikcom
Ilustrasi pembelian tiket pesawat/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut menyoroti harga tiket pesawat mahal di Indonesia. Dia mengaku mendapat laporan soal harga tiket pesawat yang terus meroket belakangan ini.

Berdasarkan penelusuran detikcom di platform penjualan tiket pesawat, Jumat (19/8/2022), penerbangan Jakarta-Bali keberangkatan hari Minggu (21/8) bisa didapat seharga Rp 886.500 menggunakan maskapai Air Asia, tetapi jadwal penerbangan tengah malam yakni pukul 23.05 WIB.

Harga itu merupakan yang paling murah. Terlihat pada penerbangan Senin (22/8) dan seterusnya tidak ada lagi maskapai menawarkan penerbangan ke Jakarta-Bali dengan harga Rp 800 ribuan, semua di atas Rp 1 juta atau Rp 900 ribuan.

Maskapai lain membanderol harga tiket berkisar Rp 900 ribuan hingga Rp 1,3 jutaan dengan maskapai Super Air Jet, Air Asia, Lion Air, Citilink, NAM Air, Batik Air, dan Pelita Air dengan jadwal keberangkatan beragam.

Sementara jika menggunakan Garuda Indonesia, tiket penerbangan Jakarta-Bali di tanggal yang sama harganya dibanderol Rp 1.921.000.

"Awal tahun naik Garuda Ke Denpasar-Jakarta harga Rp 1.431.000 + Rp 268.100, yang pertama harga dasar, yang kedua itu taxes. Tanggal 22 juli Garuda harganya Rp 1.882.300," kata Head of Ticketing International Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo), Marty Zuraida membandingkan harga tiket pesawat yang masih mahal.

Untuk penerbangan Jakarta-Surabaya, harga tiket pesawat pada Minggu (21/8) dibanderol dengan harga Rp 1,09 juta paling murah yang dilayani oleh Super Air Jet. Lalu pada hari lain rata-rata dijual dengan harga Rp 1,1 hingga 1,2 juta untuk harga tiket termurah.

Sebelumnya Jokowi memberi titah kepada dua menterinya untuk menyelesaikan persoalan harga tiket pesawat yang mahal di pasar. Mereka adalah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Untuk Budi Karya, Jokowi minta agar segera selesaikan masalah yang membuat harga tiket pesawat mahal sehingga harganya bisa lebih terjangkau.

"Di lapangan juga saya dengar keluhan 'pak harga tiket pesawat telah tinggi.' Sudah langsung saya reaksi pak Menteri Perhubungan, saya perintah segera ini diselesaikan," papar Jokowi dalam Rakornas Pengendalian Inflasi 2022, Kamis (18/8/2022).

Untuk Erick Thohir, Jokowi menugaskan agar segera menambah jumlah armada Garuda Indonesia sebagai maskapai pelat merah.

"Garuda, Menteri BUMN saya juga sampaikan segera tambah pesawatnya agar harga bisa kembali ke keadaan normal. Meskipun itu tak mudah, karena harga avtur internasional juga tinggi," sebut Jokowi.

(aid/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT