ADVERTISEMENT

Luhut Mau ke AS Bulan Depan, Tagih Elon Musk Investasi di RI

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 19 Agu 2022 16:45 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Luhut Mau ke AS Bulan Depan, Tagih Elon Musk Investasi di RI/Foto: KEMENKO MARVES
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan bulan depan dirinya akan melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat (AS). Luhut bilang akan menemui bos Tesla Elon Musk.

Luhut menyatakan pihaknya ingin menagih kelanjutan investasi Tesla di Indonesia. Menurutnya, Tesla sudah mulai masuk ke Indonesia namun investasinya belum masuk.

"Tesla sudah masuk sebagian, tapi belum masuk investasinya. Saya akan ke Amerika bulan depan, saya akan ketemu dengan Elon, mau bicara 'eh mau kau gimana?' sama dia," jelas Luhut saat memberikan Kuliah Umum di Universitas Hasanuddin yang disiarkan virtual, Jumat (19/8/2022).

Menurutnya, pemerintah sedang mengejar Tesla untuk segera melakukan investasi secara penuh di Indonesia. Pasalnya, beberapa kompetitor Tesla sudah mulai masuk ke Indonesia juga. Pabrikan mobil Ford misalnya.

"Karena si ini, si Ford ini sudah mulai masuk juga. Dia (Tesla) pusing juga Ford duitnya banyak," kata Luhut.

Sebelumnya, Luhut bilang Tesla telah meneken kontrak pembelian nikel dari dua perusahaan Indonesia. Nilainya US$ 5 miliar atau setara Rp 74,5 triliun (kurs Rp 14.900).

"Mereka sudah membeli, nah itu bagus, dua produk Indonesia satu dari Huayou, satu lagi di mana. Dia sudah tandatangan kontrak untuk lima tahun. Jadi tahap pertama dia sudah masuk," katanya dalam acara CNBC Economic Update: Daya Tarik Investasi di Indonesia Pascapandemi, Senin (8/8/2022) yang lalu.

Luhut mengatakan kontrak itu akan digunakan untuk lithium baterai di Tesla. Adapun lokasi tepatnya untuk nikel yang dikontrak Tesla yakni di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

(hal/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT