Biaya Revitalisasi TMII Capai Rp 1,1 T, Jokowi: Tarifnya Jangan Mahal-mahal!

ADVERTISEMENT

Biaya Revitalisasi TMII Capai Rp 1,1 T, Jokowi: Tarifnya Jangan Mahal-mahal!

Ilyas Fadilah - detikFinance
Selasa, 23 Agu 2022 13:33 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi area wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Kunjungan ini sekaligus meninjau revitalisasi TMII yang disebutnya sudah mencapai 98%.

Jokowi mengatakan, biaya revitalisasi TMII mencapai Rp 1,1 triliun. Setelah revitalisasi selesai TMII ditargetkan menjadi spot wisata bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

"Ini kita lakukan renovasi besar-besaran yang menghabiskan anggaran Rp 1,1 triliun. Dan kita harapkan setelah direnovasi, ini menjadi tujuan wisata masyarakat dan juga turis mancanegara," kata Jokowi di TMII, Selasa (23/8/2022).

Karena menyasar turis Lokal, Jokowi meminta agar pengelola tidak mematok tarif mahal. Menurut rakyat tetap berhak menikmati TMII.

"Karena itu tarifnya jangan mahal-mahal. Rakyat harus tetap bisa menikmati TMII ini," katanya menambahkan.

Dalam kunjungannya itu, Jokowi menemukan beberapa anjungan mengalami kerusakan. Ia meminta para pemimpin daerah segera melakukan rehabilitasi dan perbaikan.

Sebagian provinsi disebut telah melakukan renovasi anjungan. Renovasi TMII pun ditargetkan rampung dalam waktu dekat dan bisa dinikmati masyarakat.

"Ini sudah 98%, bentar lagi selesai bisa dinikmati masyarakat," ungkapnya.

Revitalisasi TMII juga sebagai persiapan presidensi G20. Terkait hal ini Jokowi ingin dunia melihat bahwa Indonesia memiliki TMII.

(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT