Diminta Jokowi Belanja Produk Lokal, Ini Kata Pengusaha

ADVERTISEMENT

Diminta Jokowi Belanja Produk Lokal, Ini Kata Pengusaha

Tim detikcom - detikFinance
Rabu, 24 Agu 2022 15:54 WIB
Kadin
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta anggaran APBN dan APBD diutamakan dibelanjakan produk-produk dalam negeri. Hal demikian untuk membangkitkan kembali perekonomian yang dempak pandemi Covid-19.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyakini jika APBN dan APBD digunakan untuk membeli produksi dalam negeri dapat menciptakan lapangan kerja.

"Sangat lucu sekali, APBN yang kita collect dari pajak, dari PNBP, dari royalti masuk ke APBN. Kemudian keluar sebagai belanja pemerintah yang dibeli barang impor, waduh bodoh banget kita ini kalau kita terus-terusan seperti itu, ndak," katanya di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Selasa (23/8/2022).

Jokowi juga meminta para pengusaha turut mendukung penggunaan produk dalam negeri serta ikut mempromosikan. "Sekarang sudah saya suruh tanda tangan semua daerah berkomitmen, bisa beli berapa triliun, berapa miliar. Komitmennya sudah muncul di angka Rp 897 triliun dan ini adalah peluang," jelasnya.

Sementara itu, Ketua KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid menerangkan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan juga dunia usaha menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam mewujudkan tingkat kesejahteraan rakyat Indonesia yang lebih baik dan juga merata.

"Menyongsong kepada tahun 2045, ekonomi Indonesia yang kuat dan meningkat menjadi negara maju pada tahun 2045," ungkapnya.

Dengan adanya kolaborasi dan dukungan dari berbagai pihak, kondisi perekonomian Indonesia akan terus membaik dalam menghadapi tantangan masa depan.

"Maka demikian, kami melihat tantangan kita Bersama secara bangsa sangatlah berat, namun bersamaan bahwa kita bisa melewatinya bilamana kita menjunjung terhadap gotong royong dan persatuan kesatuan kita Bersama," jelasnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT