Korea Bakal Bawa Rp 100 Triliun ke RI, Ini Sederet Investasinya

ADVERTISEMENT

Korea Bakal Bawa Rp 100 Triliun ke RI, Ini Sederet Investasinya

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 24 Agu 2022 22:04 WIB
Kepala BKPM Bahlil Lahadalia
Foto: Mohammad Wildan/20detik: Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia
Jakarta -

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia membeberkan komitmen investasi Korea Selatan (Korsel) ke Indonesia senilai Rp 100 triliun. Ini merupakan hasil kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke sana pada akhir Juli 2022 lalu.

"Salah satu komitmen investasi Korea sebesar US$ 6,72 miliar atau setara dengan Rp 100 triliun lebih. Perlu kami sampaikan bahwa dari yang sudah ada semuanya sudah on going, bahkan sebagian groundbreaking-nya mulai di akhir tahun ini dan sebagian di Januari," ujar Bahlil dikutip dari keterangan dalam situs Sekretariat Kabinet, Rabu (24/8/2022).

Dari total komitmen investasi tersebut, terdapat komitmen penambahan investasi sebesar US$ 3,5 miliar dari Posco yang akan bekerja sama dengan Krakatau Steel untuk memproduksi baja untuk otomotif termasuk kendaraan listrik.

"Ini seluruh perizinan dan insentifnya sudah clear," ujar Bahlil.

Selain itu, terdapat juga komitmen untuk pembangunan pabrik sepatu di Sragen, Jawa Tengah yang disebut akan menyerap tenaga kerja kurang lebih 30 ribu orang.

Kemudian juga LG yang disebut berminat berinvestasi di Ibu Kota Negara (IKN) salah satunya membangun pabrik baterai mobil listrik.

"LG dalam membangun ekosistem baterai mobil semuanya masih dalam schedule, semua kerja, dan realisasinya sebagiannya sudah jalan," kata Bahlil.

(aid/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT