Berdarah-darah karena Pandemi, Sektor Pariwisata Bangkit Lagi

ADVERTISEMENT

Berdarah-darah karena Pandemi, Sektor Pariwisata Bangkit Lagi

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 25 Agu 2022 16:52 WIB
Sektor pariwisata Indonesia babak belur dihantam virus Corona. Setahun COVID-19 di RI, sejumlah upaya pun dilakukan untuk bangkitkan pariwisata di Tanah Air.
Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo
Jakarta -

Pandemi COVID-19 mulai mereda. Sektor pariwisata diharapkan bisa kembali mendukung pemulihan ekonomi nasional. Selama masa pandemi biro perjalanan sangat tertekan dan menderita karena tak bisa beroperasi sama sekali.

Ketua Umum ASTINDO Pauline Suharno yang juga menjabat sebagai President FATA - Federation of ASEAN Travel Association mengatakan sudah ada harapan untuk biro perjalanan saat ini usai meredanya pandemi COVID-19.

"Setelah dua tahun menderita, dengan melihat kondisi di luar negeri yang sudah mulai mempermudah perjalanan wisata baik domestik maupun internasional," kata dia dalam siaran pers, Kamis (25/8/2022).

Dia menyebutkan saat ini adalah momentum yang tepat untuk membantu masyarakat untuk bisa berwisata dengan harga terjangkau.

Apalagi Presiden Joko Widodo yang menginstruksikan untuk menstabilkan harga tiket pesawat. Biro perjalanan pun membantu memberikan harga promosi tiket dan paket wisata dengan memberikan potongan harga hingga Rp 1 Juta dan mengedukasi masyarakat untuk membeli via reliable source, travel agent bonafid dan sudah exist puluhan tahun serta berpengalaman dalam mengelola perjalanan wisata. ASTINDO menggelar Travel Fair tanggal 1- 4 September di PIK Avenue.

Harapannya tentu saja agar travel agent dapat menaikkan sales, apalagi melihat kondisi semester 1 ini di mana terjadi peningkatan transaksi penjualan secara konsisten mulai dari bulan Januari 2022 - Juli 2022.

Selain itu ASTINDO juga menyediakan lahan bebas biaya alias gratis khusus untuk anggota ASTINDO dari berbagai daerah untuk mempromosikan paket wisata domestik memperkenalkan desa wisata di Indonesia.

Ketua Panitia Pelaksana ASTINDO Travel Fair, Anton Sumarli menyampaikan acara ini akan diselenggarakan secara offline dan online, sehingga para pengunjung selain dapat langsung menuju Mall PIK Avenue, juga dapat melihat showcase travel fair melalui website www.astindovirtualtravelfair.com dan tentunya berinteraksi langsung dengan travel assistant dari travel agent peserta Travel Fair.

Turut berpartisipasi dalam acara ini selain 25 Travel Agent, 15 maskapai penerbangan baik domestik dan internasional yakni All Nippon Airways, Cathay Pacific, China Airlines, Emirates, Etihad Airways, EVA Air, Garuda Indonesia, Japan Airlines, Malaysia Airlines, Pelita Air, Philippine Airlines, Qatar Airways, Qantas Airways, Singapore Airlines, Sriwijaya Air dan NAM Air.

Dan tak ketinggalan badan promosi pariwisata luar negeri turut hadir memeriahkan ASTINDO Travel Fair, yaitu Philippine Departement of Tourism, Korea Tourism Organization, Tourism Authority of Thailand, Taiwan Tourism dan Japan National Tourism Organization.

Dia menargetkan dalam (empat) hari ASTINDO Travel Fair 2022 ini, dapat dihadiri oleh lebih dari 15.000 pengunjung langsung, selain juga dihadiri secara online dari berbagai penjuru Indonesia. Selain itu, dalam rangka mendukung program pemerintah yang dalam hal ini adalah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, ASTINDO akan memberikan subsidi harga tiket pada Paket Wisata Domestik, khususnya untuk 5 (lima) Destinasi Super Prioritas (DSP), sehingga paket-paket wisata 5 (lima) DSP tersebut akan lebih terjangkau," tambah Anton.



Simak Video "Bus Pariwisata Seharusnya Dilarang Lewat Jalan Ekstrem, Setuju?"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT