Ini Pemecah Rekor Benda Termahal di Dunia, Harganya Rp 925.000 T

ADVERTISEMENT

Ini Pemecah Rekor Benda Termahal di Dunia, Harganya Rp 925.000 T

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Sabtu, 27 Agu 2022 09:00 WIB
Antimateri
Ini Pemecah Rekor Benda Termahal di Dunia, Harganya Rp 925.000 T/Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Tahukah kamu bahwa rekor benda termahal di dunia saat ini masih dipegang oleh antimatter atau antimateri. Antimateri adalah kumpulan partikel yang mempunyai muatan dan struktur yang berlawanan dengan seluruh partikel yang ada di bumi.

Melansir dari situs NASA, saat ini, nilai dari antimateri dibandrol sekitar US$ 62,5 triliun per gram atau sekitar Rp 925.000 triliun (dengan kurs Rp 14.800/dolar AS).

Angka yang fantastis tersebut dilatarbelakangi posisinya sebagai bahan bakar terkuat di dunia. "Antimateri memiliki kepadatan energi yang luar biasa," kata Dr. George Schmidt selaku kepala penelitian dan teknologi propulsi di NASA/Marshall.

Banyak ilmuan percaya bahwa partikel antimateri yang bersentuhan dengan mitra materinya dapat menghasilkan energi yang sangat besar.

Dikatakan bahwa hal itu berlaku untuk elektron dan positron (anti-elektron). Mereka akan menghasilkan sinar gamma pada 511.000 elektron volt.

Dengan kata lain, tubrukan antar partikel antimateri dan partikel biasa pendampingnya dipercaya menghasilkan 100 persen energi murni dengan kekuatan melebihi bom nuklir.

Bahkan dipercaya bahwa satu gram anti-materi sanggup menghasilkan ledakan setara dengan bom nuklir yang dijatuhkan di Hiroshima, Jepang, saat Perang Dunia ke-2.

Padahal di sisi lain, materi super langka ini hanya bisa dibuat dengan cara menembakkan partikel ke sebuah logam dalam lorong yang panjangnya bisa bermil-mil. Selain itu anti-materi bisa dengan mudah lenyap hanya beberapa menit setelah diciptakan.

Jadi tidak heran bila harga materi yang satu ini bisa sangat mahal, mengingat bagaimana sulitnya menciptakan materi ini dan mendapatkannya.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT