Catat! Ini Jadwal Rights Issue Waskita-Adhi Karya

ADVERTISEMENT

Catat! Ini Jadwal Rights Issue Waskita-Adhi Karya

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 29 Agu 2022 18:08 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani di DPR
Foto: Aulia Damayanti
Jakarta -

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Rionald Silaban melaporkan rencana dan jadwal rights issue lima BUMN tahun ini. Kelima BUMN tersebut di antaranya PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Adhi Karya (Persero), PT Bank Tabungan Negara (Tbk), PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Semen Kupang (Persero).

Untuk PT Adhi Karya (Persero), dilaporkan right issue direncanakan akan dilakukan Oktober tahun ini. Suntikan modal sebesar Rp 1,98 triliun, sedangkan porsi publik Rp 1,89 triliun.

"Privatisasi dilakukan right issue, pemerintah akan ambil haknya melalui PMN sebesar Rp 1,98 triliun pada saat ini kondisi Adi harus menyelesaikan berbagai proyek strategis antara lain jalan tol, dan kawasan industri namun penggunaannya untuk 3 proyek," jelas Sri Mulyani dalam Rapat Kerja dengan Komisi XI, di Gedung DPR RI, Senin (29/8/2022).

Sementara, PT Waskita Karya (Persero) metode dan jadwal rights issue dan direncanakan pelaksanaan pada November 2022. Adapun suntikan modal yang didapatkan oleh Waskita Karya sebanyak Rp 3 triliun.

"Dengan skema right issue diharapkan dengan ketersediaan modal kerja, Waskita lebih baik. Hingga kuartal II-2022 Waskita Karya berhasil lakukan divestasi sebanyak 5 ruas toll. Terjadi perbaikan kinerja keuangan perusahaan dengan penurunan kerugian tahun 2021 dari tahun 2020 kerugian Rpp 9,3 triliun tahun 2021 menurun jadi Rp 1,8 triliun," ungkapnya.

Direncanakan dana suntikan akan digunakan biayai proyek Tol Kayu Agung-Palembang-Betung dan Tol Ciawi-Sukabumi privatisasi. "Kami lakukan untuk memperkuat, struktur permodalan dari perseroan jadi bisa bantu Waskita selesaikan proyek yang sedang dikerjakan," terangnya.

Kemudian, untuk rights issue BTN rencananya akan dilakukan November 2022 juga. Adapun total PMN yang diberikan pemerintah Rp 2,48 triliun.

Terakhir PT Semen Indonesia (Persero) Tbk akan dapat tambahan dari inbreng PMN dari PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. Inbreng di sini gampangnya, PT Semen Indonesia akan melakukan rights issue, dalam hal itu pemerintah ikut dalam skema tersebut namun bukan menyuntikan dalam bentuk modal.

Tetapi caranya dengan memindahkan semua saham pemerintah di PT Semen Batubara ke PT Semen Indonesia. Rencana rights issue ini akan dilakukan November 2022.



Simak Video "Erick Thohir: Revenue BUMN Naik 18,8% Jadi Rp 2.300 Triliun"
[Gambas:Video 20detik]
(ada/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT