Revitalisasi Kelar, Bandara Halim Kembali Layani Penerbangan 1 September

ADVERTISEMENT

Revitalisasi Kelar, Bandara Halim Kembali Layani Penerbangan 1 September

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 30 Agu 2022 10:48 WIB
Bandara Halim Perdanakusuma kembali melayani penerbangan komersial mulai September 2022. Informasi ini dikonfirmasi langsung Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi setelah melakukan uji coba runaway di Bandara Halim Perdanakusuma.
Revitalisasi Kelar, Bandara Halim Kembali Layani Penerbangan 1 September/Foto: Ilyas Fadilah/detikcom
Jakarta -

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membenarkan kabar soal Bandara Halim Perdanakusuma akan dibuka kembali mulai bulan September. Sejak awal tahun, bandara tersebut tutup untuk direvitalisasi.

Juru bicara Kemenhub Adita Irawati menyatakan per 1 September 2022 bandara tersebut sudah bisa beroperasi untuk penerbangan komersial.

"Benar. Memang rencananya September ini Halim sudah beroperasi untuk komersial," ungkap Adita kepada detikcom, Selasa (30/8/2022).

Adita bilang revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma sebetulnya telah selesai sejak Juli lalu. Hanya saja sejak saat itu, bandara dibuka terbatas untuk keperluan militer dan penerbangan VIP.

"Revitalisasi sudah selesai sejak Juli lalu dan masih digunakan sementara hanya untuk militer dan VIP," ungkap Adita.

Sebelumnya, Citilink sudah mengumumkan jadwal terbang baru di Bandara Halim Perdanakusuma. Citilink bakal terbang lagi di Halim per 1 September 2022.

Pada tahap awal, Citilink akan melayani penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma menuju Surabaya, Malang, Denpasar, hingga Padang.

Sejauh ini, baru Citilink yang mengumumkan jadwal terbang baru di Bandara Halim Perdanakusuma. Sementara itu, maskapai grup Lion Air belum memberikan pengumuman soal jadwal terbang baru di Bandara Halim Perdanakusuma.

detikcom sudah mencoba mengkonfirmasi Lion Air Group hanya saja belum mendapatkan jawaban hingga berita ini ditulis. Sebelumnya, maskapai Lion Air Group melayani penerbangan Bandara Halim Perdanakusuma sebelum revitalisasi.

Simak juga Video: Bandara Halim Tutup Sementara, Penerbangan Dipindah Ke 5 Bandara Ini

[Gambas:Video 20detik]



(hal/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT