Daftar 4 Negara yang Cetak Uang di Indonesia

ADVERTISEMENT

Daftar 4 Negara yang Cetak Uang di Indonesia

Almadinah Putri Brilian - detikFinance
Rabu, 31 Agu 2022 16:29 WIB
Uang 1.0 Peruri
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) merupakan BUMN yang bertugas untuk mencetak uang rupiah.

Namun selain mencetak uang rupiah, Peruri juga mencetak beberapa mata uang luar negeri. Beberapa di antaranya yaitu mata uang Nepal, Somalia, dan Argentina.

"Peruri juga beberapa kali mencetak uang luar negeri, misalnya mata uang Nepal, Somalia, juga pernah Argentina," ungkap Head of Corporate Secretary Peruri, Eddy Kurnia kepada detikcom pada 2016 lalu.

Selain mata uang negara lain, ternyata Peruri juga pernah dipercaya untuk mencetak sejumlah dokumen penting negara lain, contohnya seperti paspor. "Selain mata uang, Peruri juga pernah mencetak dokumen security dari luar negeri, termasuk di dalamnya adalah mencetak uang," kata Eddy.

Pada tahun 2019, Peruri berhasil memenangkan tender proyek pencetakan uang Soles Peru. Peruri berhasil mengalahkan perusahaan-perusahaan kelas dunia, seperti Gisecke & Devrient (Jerman), Oberthur (Perancis), De La Rue (Inggris), Goznak (Rusia), dan PWPW (Polandia).

Lalu pada 1 Maret 2021, Peruri lakukan pengiriman perdana uang kertas Soles ke Peru sebanyak 30 juta bilyet dari total pesanan dalam kontrak sebanyak 520 juta bilyet.

Selain itu, diketahui bahwa Peruri juga mengerjakan beberapa produk luar negeri seperti Perangko Nepal, Pita Cukai Nepal, Paspor Sri Lanka, Pita Cukai Pakistan, dan Perangko Filipina.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT