ADVERTISEMENT

Layanan Antigen & PCR di Stasiun Ditutup, Ini Alasannya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 02 Sep 2022 19:24 WIB
PT Kereta Api Indonesia menyelenggarakan vaksinasi gratis di sejumlah stasiun dan klinik KAI. Hal ini terkait aturan penumpang kereta wajib booster.
Foto: Dok. KAI DAOP 5: Layanan vaksinasi booster di stasiun
Jakarta -

Layanan tes antigen dan PCR di stasiun kereta ditutup. Hal itu sejalan dengan keluarnya syarat terbaru perjalanan naik kereta api.

"Layanan Rapid Test Antigen/RT-PCR Di Stasiun KA, Ditutup⁣⁣. Bersamaan dengan pemberlakuan persyaratan terbaru naik KA antarkota, sesuai SE Kemenhub No 84 tahun 2022 dimana penumpang tidak lagi diwajibkan menunjukkan hasil negatif skrining rapid test antigen atau RT-PCR," bunyi pengumuman di Instagram KAI @kai121, dikutip Jumat (2/9/2022).

Dalam keterangan tersebut dijelaskan, layanan kerja sama tes antigen dan PCR di beberapa stasiun sudah tidak lagi beroperasi. Namun, KAI tetap membuka layanan vaksinasi booster.
⁣⁣
"Namun KAI tetap membuka layanan vaksinasi dosis ketiga (booster) kepada calon penumpang dan masyarakat umum, di beberapa Stasiun KA dan Faskes milik KAI," tulis KAI.

Sebelumnya, masyarakat yang belum vaksin booster diperkenakan naik kereta dengan menunjukkan hasil tes negatif. Tapi, ketentuan itu sudah tak berlaku mulai 30 Agustus.

"Ada perubahan mendasar dengan adanya SE Kemenhub No 84 Tahun 2022 ini yaitu sebelumnya pelanggan yang belum vaksin booster masih diperbolehkan melengkapinya dengan hasil negatif RT-PCR, namun mulai 30 Agustus hal tersebut tidak berlaku lagi," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya.

Layanan vaksinasi gratis KAI di halaman berikutnya. Langsung klik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT