Rangkaian Kereta Cepat Tiba di Jakarta, Senin Depan Dikirim ke Tegalluar

ADVERTISEMENT

Rangkaian Kereta Cepat Tiba di Jakarta, Senin Depan Dikirim ke Tegalluar

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Jumat, 02 Sep 2022 17:52 WIB
Rangkaian Kereta Cepat tiba di Jakarta
Foto: Shafira Cendra Arini/detikcom: Rangkaian Kereta Cepat tiba di Jakarta
Jakarta -

Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) resmi mendarat di Pelabuhan Tanjung Priok, dari China. Kereta ini akhirnya berhasil dikeluarkan dari kapal kargonya setelah sempat terkendala angin kencang.

Pada pengiriman tahap pertama di 2 September ini, tiba dua rangkaian atau trainset yang terdiri atas satu EMU (Electric Multiple Unit) dan satu CIT (Comprehensive Inspection Train). Masing-masing trainset terdiri atas 8 cars (gerbong). Dengan kata lain, totalnya ada 16 bagian.

Dari pengamatan detikcom saat menyambangi lokasi, Jumat (2/8/2022) sore, terlihat bagian kepala dari kereta tersebut diangkut keluar dari kapal kargo bertuliskan Cosco Shipping. Bagian kereta tersebut masih dalam kondisi terbungkus kain penutup berwarna hujau tua. Pada kain tersebut, tertera spanduk biru bertuliskan "The First HighSpeed Railway In Indonesia."

Dari kapal tersebut, kepala kereta pun langsung diangkut menuju transporter atau kendaraan pengangkut, dan kemudian dibawa ke Pusat Logistik Berikat (PLB) Cakung untuk transit sebelum tiba hari keberangkatannya ke Tegalluar.

Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan pengiriman kereta api cepat ini terdiri atas 4 batch atau tahapan.

"Setelah rangkaian kereta api cepat ini selanjutnya akan tiba pada 25 Desember 2022, 25 Februari 2023 dan 15 Maret 2023. Setelah tiba di Tanjung Priok, seluruh rangkaian KCIC400AF akan dikirim ke Depo Tegalluar," kata Dwiyana, dalam agenda menyambut tibanya KCJB di Pelabuhan Tanjung Priok, Jumat (2/9/2022).

Rangkaian Kereta Cepat tiba di JakartaRangkaian Kereta Cepat tiba di Jakarta Foto: Shafira Cendra Arini/detikcom: Rangkaian Kereta Cepat tiba di Jakarta

Dwiyana menjelaskan, ketika seluruh rangkaian kereta dari pengiriman batch 1 ini tiba di Tegalluar, barulah akan dirangkai ulang atau dire-assembly menjadi suatu kesatuan. Ia juga menyampaikan, untuk keberangkatannya sendiri sudah dipastikan pada Senin, 5 September.

"Iya (sudah fix di tanggal 5 September), ini nantikan bertahap. Kita melalkukan pengangkutan lewat jalan tol. Makanya kita berkoordjnasi dengan jasa marha dan pengguna kalan tol. Kita sudah mendapat izin," kata Dwiyana.

Sementara itu, Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo. Pria yang akrab disapa Tiko ini mengatakan, target beroperasinya kereta api cepat ini, di Juni 2023.

"Juni 2023," jelas Tiko.

Sementara itu, mengenai rencana pengoperasian kereta ini saat G20 sendiri, Tiko mengatakan pihaknya telah mempersiapkan kedatangan Presiden Joko Widodo dan Xi Jinping.

"InsyaAah sesuai schedule nggak begitu. Kita lihat saja nanti bagaimana di G20," ungkapnya.

Rangkaian Kereta Cepat tiba di JakartaRangkaian Kereta Cepat tiba di Jakarta Foto: Shafira Cendra Arini/detikcom: Rangkaian Kereta Cepat tiba di Jakarta
(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT