Rangkaian Kereta Cepat JKT-BDG Tiba di RI, Jadi Dijajal Jokowi dan Xi Jinping?

ADVERTISEMENT

Rangkaian Kereta Cepat JKT-BDG Tiba di RI, Jadi Dijajal Jokowi dan Xi Jinping?

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Jumat, 02 Sep 2022 06:30 WIB
pengiriman kereta cepat Jakarta Bandung
Foto: Youtube PT KCIC
Jakarta -

Electric Multiple Unit (EMU) atau rangkaian kereta untuk proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) tiba di Pelabuhan Tanjung Priok hari ini 2 September. Kedatangannya ini selaras dengan rencana Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden China Xi Jinping mencoba Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Xi Jinping dijadwalkan datang ke Indonesia dalam agenda G20. Dalam kunjungannya itu, Xi Jinping dan Jokowi akan melakukan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang rencananya dilakukan pada November 2022.

"November ini adalah dynamic test jadi sifatnya uji coba EMU yang sudah datang di Indonesia kita rencanakan di bulan September nanti. Jadi kita harapkan nanti kedua pemimpin negara Bapak Presiden Jokowi dan Presiden Tiongkok Xi Jinping akan mencoba EMU tersebut dari casting yard 4 ke arah Tegalluar," Presiden Direktur PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi, di tunnel 2 proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Purwakarta, Selasa (21/6/2022).

Tepat hari ini, kereta tersebut dikabarkan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara setelah menempuh perjalanan panjang dari Pelabuhan Qingdao, China pada 21 Agustus lalu. Corporate Secretary KCIC Rahadian Ratry mengatakan, kedatangan kereta ini memang bertepatan dengan pelaksanaan dynamic test sebagai salah satu showcase yang ditampilkan di acara G20.

"Dynamic test ini akan dilakukan di jalur tertentu dan tidak keseluruhan. Tepatnya di area Tegalluar hingga Kopo," ujar Rahadian di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (1/9/2022).

Dengan demikian, dynamic test akan dilakukan bertepatan dengan perhelatan tersebut dan setelah pengiriman rangkaian kereta ke Tegalluar rampung. Sementara itu, kereta yang tiba pada tahap pertama ini terdiri atas dua trainset (rangkaian), di mana masing-masing terdiri atas 8 cars (bagian), totalnya 16 bagian.

"Dari sana, kereta akan langsung diangkut ke transporter dan nanti akan transit di Pusat Logistik Berikat (PLB) Cakung sambil menunggu keberangkatannya ke Tegalluar," katanya.

KCIC urus izin angkut ke Tegalluar. Cek halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT