ADVERTISEMENT

Negara-negara Persemakmuran yang Dipimpin Ratu Elizabeth

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 09 Sep 2022 12:58 WIB
CHESTER, ENGLAND - JUNE 14:  Queen Elizabeth II sitts and laughs with Meghan, Duchess of Sussex during a ceremony to open the new Mersey Gateway Bridge on June 14, 2018 in the town of Widnes in Halton, Cheshire, England. Meghan Markle married Prince Harry last month to become The Duchess of Sussex and this is her first engagement with the Queen. During the visit the pair will open a road bridge in Widnes and visit The Storyhouse and Town Hall in Chester.  (Photo by Jeff J Mitchell/Getty Images)
Ratu Elizabeth Pimpin Negara Persemakmuran/Foto: Getty Images
Jakarta -

Ratu Elizabeth II meninggal dunia di Istana Balmoral, Skotlandia pada usia 96 tahun. Ungkapan duka turut mengalir dari berbagai negara mengiringi kepergian Sang Ratu Inggris itu.

Begitu Ratu Elizabeth II meninggal, takhta langsung dipegang oleh penerus, Charles, tanpa upacara. Raja Charles III, mengatakan berpulangnya sang ibu tercinta adalah "momen kesedihan yang sangat mendalam" bagi dirinya dan bagi keluarganya.

Pada Jumat (09/09), Charles secara resmi akan diangkat sebagai Raja oleh Dewan Penobatan di Istana St James's, London. Telah dipastikan ia akan disebut Raja Charles III dan dalam beberapa hari mendatang ia akan diproklamirkan sebagai raja baru.

Meski demikian, perlu diketahui bahwa Ratu Elizabeth II adalah ratu dengan masa pemerintahan terpanjang dalam sejarah Monarki Britania Raya. Masa pemerintahannya berlangsung selama 70 tahun, mengalahkan nenek buyutnya, Ratu Victoria yang memerintah selama 63 tahun.

Selain itu dirinya juga menjabat sebagai ratu monarki konstitusional dari 16 negara berdaulat atau yang dikenal sebagai alam persemakmuran dan teritori beserta dependensinya. Tidak berhenti di sana Ratu Elizabeth II merupakan ketua dari 54 anggota negara-negara persemakmuran dan juga Gubernur Agung Gereja Inggris.

Lantas negara mana saja yang pernah dipimpin secara langsung oleh Ratu Elizabeth II?Diketahui bahwa Ratu Elizabeth II juga sempat memimpin sebagai kepala negara di 14 negara ini, seperti halnya Britania Raya.

Negara-negara itu yang dipimpin Ratu Elizabeth itu antara lain Australia, Antigua dan Barbuda, Bahama, Belize, Kanada, Grenada, Jamaika, Papua Nugini, St Christopher dan Nevis, St Lucia, St Vincent dan Grenadines, Selandia Baru, Kepulauan Solomon dan Tuvalu.

Simak video 'Kenali Sejarah Kerajaan Inggris dan Penguasa Pertamanya':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT