Arab Saudi Mau Caplok Saham Starbucks dari Konglomerat Kuwait

ADVERTISEMENT

Arab Saudi Mau Caplok Saham Starbucks dari Konglomerat Kuwait

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 10 Sep 2022 20:30 WIB
Logo Starbucks
Arab Saudi Mau Caplok Saham Starbucks dari Konglomerat Kuwait/Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Public Investment Fund (PIF) atau Dana Investasi Publik Arab Saudi dikabarkan akan membeli saham Starbucks Corp. Saham yang akan dibeli itu kabarnya milik perusahaan konglomerat Kuwait, Alshaya Group.

PIF merupakan lembaga yang memimpin konsorsium investor di Arab Saudi. Tujuan dari lembaga itu untuk membeli investasi dari berbagai macam sektor.

Mengutip dari Arab News yang menyadur dari Bloomberg, Sabtu (10/9/2022) kabarnya kesepakatan pembelian saham ini akan disepakati dalam beberapa minggu mendatang. Meski begitu, baik PIF dan Alshaya Group belum mau berkomentar hingga saat ini.

Alshaya Group diketahui memiliki saham US$ 15 miliar. Bloomberg mengungkap pembeli saham diperkirakan menawar sekitar US$ 11 miliar.

Jika kesepakatan tersebut berhasil, PIF bisa mendapatkan akses khusus di 1.700 gerai di 14 pasar yang menjangkau beberapa negara berkembang terbesar, dari Arab Saudi hingga Turki.

PIF merupakan lembaga telah berinvestasi di perusahaan di berbagai industri. Lembaga tersebut mendirikan Saudi Coffee Co. pada Mei dan akan menginvestasikan lebih dari US$ 300 juta selama 10 tahun ke depan untuk meningkatkan produksi kopi tahunan.

(ada/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT