Deretan Tempat Kerja Favorit Generasi TikTok: Kementerian BUMN hingga Shopee

ADVERTISEMENT

Deretan Tempat Kerja Favorit Generasi TikTok: Kementerian BUMN hingga Shopee

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Rabu, 14 Sep 2022 15:28 WIB
Sejumlah tamu beraktivitas di dekat logo baru Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (2/7/2020). Kementerian BUMN meluncurkan logo baru pada Rabu (1/7) yang menjadi simbolisasi dari visi dan misi kementerian maupun seluruh BUMN dalam menatap era kekinian yang penuh tantangan sekaligus kesempatan. ANATAR FOTO/Aprillio Akbar/nz
Gedung Kementerian BUMN. Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Jakarta -

MarkPlus QuickSurvey melakukan riset sindikasi dengan tajuk Employer Branding Index 2022 yang menguak fakta menarik seputar tempat kerja dambaan Generasi Z.

Survei ini melibatkan 1150 Gen Z rentang usia 18 hingga 25 tahun dengan latar belakang mahasiswa, fresh graduate, serta first jobber dengan maksimal dua tahun pengalaman bekerja. Untuk mengetahui lebih dalam, MarkPlus memetakan generasi muda berdasarkan preferensi, ekspektasi, serta pendapat mereka terkait lembaga atau perusahaan yang beroperasi di Indonesia.

"Gen Z merupakan target tenaga kerja utama mengingat saat ini mereka telah memasuki masa produktif dalam meniti karir," ujar Manager MarkPlus QuickSurvey, Aniza Nurfebriany, dikutip melalui keterangannya, Rabu (14/09/2022).

Dengan demikian, kata Aniza, mempelajari pandangan mereka mengenai tempat kerja yang ideal menjadi faktor yang penting untuk dipertimbangkan lembaga atau perusahaan dalam mengakuisisi tenaga kerja.

Dari riset tersebut para peneliti menemukan, Kementerian BUMN memperoleh nilai indeks yang paling tinggi, disusul oleh Astra Honda Motor, Astra International, Toyota Astra Motor, dan Shopee. Sementara yang menduduki urutan keenam hingga kesepuluh antara lain ialah Kementerian Kesehatan, Unilever, Pertamina, BCA dan BRI.

"BUMN unggul sebagai jenis lembaga atau perusahaan yang paling diminati Gen Z salah satunya karena mengadopsi AKHLAK sebagai core values mereka," ujar Aniza.

Perhitungan riset ini dilakukan menggunakan empat parameter, di antaranya seberapa besar Gen Z mempertimbangkan perusahaan tersebut sebagai tempat bekerja. Kementerian BUMN menduduki peringkat paling atas yang dipertimbangkan oleh baik mahasiswa, first jobber, atau fresh graduate.

Selain itu, parameter lain yang juga digunakan dalam riset ini adalah seberapa besar intensi mahasiswa untuk melamar suatu perusahaan. Hasil riset ini juga didukung oleh parameter seberapa besar rekomendasi yang diperoleh individu atas perusahaan atau lembaga tersebut. Parameter terakhir yang diterapkan dalam survei ini adalah bagaimana persepsi serta image perusahaan di khalayak umum.

Parameter -parameter tersebut terdiri dari berbagai faktor seperti seberapa besar self development yang bisa diperoleh Generation Z, seperti apa budaya kerja yang dikenal khalayak umum dari perusahaan tersebut, hingga seberapa besar benefit yang bisa diterima oleh karyawan.

Dengan kemudahan media sosial serta adanya platform-platform yang berfokus pada pengembangan karir, hal ini memudahkan Gen Z untuk mengakses informasi mengenai ulasan perusahaan dari karyawan di seluruh perusahaan yang ada di tanah air. Tak hanya culture perusahaan, bahkan mahasiswa mampu mengakses informasi layaknya gaji dan benefit yang dibuat privat oleh kebanyakan perusahaan di Indonesia.

Di samping sepuluh perusahaan ternama ini, MarkPlus QuickSurvey juga merilis hasil riset mengenai jenis tempat kerja favorit Gen Z serta pertimbangan utama dalam memilih tempat bekerja. Hasil riset Employer Branding Index 2022 dapat diakses secara lengkap melalui bit.ly/MEBI22.



Simak Video "Dear Gen Z Jangan Biasakan Kutu Loncat di Dunia Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT