Harga Beli Gabah Bulog ke Petani Naik Tipis Jadi Rp 4.450/Kg

ADVERTISEMENT

Harga Beli Gabah Bulog ke Petani Naik Tipis Jadi Rp 4.450/Kg

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 15 Sep 2022 19:45 WIB
Petani menjemur gabah di Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten, Senin (6/4/2020). Perum Bulog optimis target penyerapan gabah/beras dapat dimaksimalkan sesuai target yaitu 1,4 juta ton setelah pemerintah menaikan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) gabah dan beras. ANTARA FOTO/Fauzan/hp.
Harga Beli Gabah Bulog ke Petani Naik Tipis Jadi Rp 4.450/Kg/Foto: ANTARA FOTO/FAUZAN
Jakarta -

Pemerintah menaikkan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) untuk gabah dan beras. Badan Pangan Nasional atau atau National Food Agency (NFA) menargetkan dengan kenaikan itu stok CBP di Perum Bulog dapat mencapai level 1,2 juta ton.

Sementara saat ini, stok beras CBP yang tersimpan di Bulog sekitar 900 ribu ton, atau di bawah dari level yang ditugaskan pemerintah sebesar 1-1,5 juta ton

Kepala Badan Pangan Nasional (National Food Agency/NFA), Arief Prasetyo Adi mengatakan kenaikan HPP sudah disetujui melalui rapat koordinasi terbatas yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

"(Badan Pangan Nasional) menargetkan Bulog memiliki stok 1,2 juta ton. Penugasan ini agar Bulog dapat menyerap di beberapa lokasi panen seperti Sumbawa, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Lampung," katanya kepada detikcom, Kamis (15/9/2022).

"HPP Rp 8.800 sudah disetujui dalam rakortas yang dipimpin Menko Perekonomian. Karena Angka Rp 8.300 menjadi sulit untuk Bulog melakukan penyerapan beras," jelas Arief.

Kenaikan harga mulai dari gabah kering panen (GKP) di tingkat petani, harga gabah kering giling (GKG) di tingkat penggilingan, harga gabah kering giling (GKG) di gudang Bulog dan harga beras di gudang Bulog.

Sebagai informasi, dalam Peraturan Menteri Perdagangan RI Nomor 24 Tahun 2020 tentang Penetapan Harga Pembelian Pemerintah untuk Gabah atau Beras, HPP beras di gudang Perum Bulog ditetapkan Rp 8.300 per kilogram (kg).

Secara terpisah, Sekretaris Perusahaan Perum BULOG Awaludin Iqbal menjelaskan secara rinci kenaikan HPP gabah dan beras yang berlaku mulai 2 September sampai 30 November 2022.

"Dalam rangka penguatan CBP, Badan Pangan Nasional menugaskan Perum Bulog untuk melaksanakan pengadaan gabah/beras dengan harga fleksibilitas. Penugasan pengadaan dengan harga fleksibilitas ini berlaku mulai tanggal 2 September 2022 sampai dengan 30 November 2022," jelasnya dalam keterangan tertulis.

HPP Gabah dan Beras Setelah Naik:

1. Harga gabah kering panen (GKP) di tingkat petani Rp 4.450 per kg
2. Harga gabah kering giling (GKG) di tingkat penggilingan Rp 5.550 per kg
3. Harga gabah kering giling (GKG) di gudang Bulog Rp 5.650 per kg
4. Harga beras di gudang Bulog Rp 8.800 per kg

HPP Gabah dan Beras Sebelum Naik:

1. Harga gabah kering panen (GKP) di tingkat petani Rp 4.200 per kg
2. Harga gabah kering giling (GKG) di tingkat penggilingan Rp 5.250 per kg
3. Harga gabah kering giling (GKG) di gudang Bulog Rp 5.300 per kg
4. Harga beras di gudang Bulog Rp 8.300 per kg

(ada/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT