ADVERTISEMENT

Bukan Galon, APSI Sebut AMDK Botol Kecil Sumbang Sampah Terbanyak

Dea Duta Aulia - detikFinance
Sabtu, 17 Sep 2022 10:25 WIB
Ilustrasi Sampah plastik
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Ketua Asosiasi Pengusaha Sampah Indonesia (APSI) dan Anggota Dewan Pengarah dan Pertimbangan Persampahan Nasional Saut Marpaung meminta perusahaan AMDK tidak membuat opini sesat terkait sampah plastik. Apalagi sampai menjatuhkan kompetitornya dan mengganggu rantai daur ulang sampah plastik.

"Penyesatan opini yang hanya menargetkan pesaing utama mereka sekarang ini, galon sekali pakai sebagai berpotensi menambah persoalan sampah, itu aneh, primitif. Tak bisa ditutupi adanya konflik kepentingan kalau bicara persoalan sampah plastik," kata Saut Marpaung dalam keterangan tertulis, Jumat (16/9/2022).

Menurutnya, salah satu penyumbang sampah plastik dalam jumlah besar yakni air minuman dalam kemasan kecil. Pasalnya kemasan jenis terbus memiliki potensi yang besar untuk tercecer dan sulit untuk dikendalikan.

"Dalam operasional sehari-hari, kami bisa buktikan bahwa sampah kemasan kecil tak punya nilai bagi industri daur ulang. Makanya kemasan kecil inilah yang menjadi persoalan sampah sesungguhnya, berpotensi tercecer, sulit dipungut dan menambah timbunan sampah," katanya.

Menurutnya bahkan hal tersebut tidak sesuai dengan peraturan yang telah berlaku terkait peta pengurangan sampah.

"Tak sesuai dengan Permen KLHK no 75 tahun 2019, mengenai peta pengurangan sampah dan usaha phasing out kemasan di bawah 1 liter," jelasnya.

Ia menjelaskan, penggiringan opini yang keliru bisa merugikan banyak pihak dalam rantai daur ulang sampah plastik.

"APSI yang ikut berpartisipasi menjaga lingkungan dengan cara daur ulang sampah plastik pasti dirugikan dengan pembelokan fakta ini. Jangan sampai karena kepentingan persaingan usaha, terus mengeluarkan pendapat yang menyesatkan masyarakat," tutupnya.



Simak Video "Warga Parepare Ubah Sampah di Pantai Jadi Seni Ekobrik"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT